oleh

Zaini Alif: Kenalkan nilai Pancasila pada anak melalui permainan

Slot SimakNews.com – Zaini Alif: Kenalkan nilai Pancasila pada anak melalui permainan,

Tangkapan layar tentang tiga bagian yg melahirkan Pancamain dalam seminar Pengenalan Pancamain Indonesia oleh BPIP. (27/7/2021). ANTARA/Putu Indah Savitri/pri.

Jakarta (ANTARA) – Ketua Komite Permainan Rakyat & Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Zaini Alif menjelaskan bahwa nilai-nilai Pancasila dapat dikenalkan kepada anak-anak melalui permainan.

“Ketika kita harap mengenalkan konten nilai-nilai persatuan, nilai-nilai sosial, & sebagainya (kepada anak), kita dapat mengpakai permainan,” mengatakan Zaini Alif di seminar dalam jaringan (daring) bertema Pengenalan Pancamain Indonesia, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa pengajar dapat memberi narasi kepada anak didik mereka berupa kisah-kisah & latar belakang suatu permainan & menceritakan nilai-nilai Pancasila di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan imajinasi para peserta didik sebelum memulai permainan.

“Contohnya, injit-injit semut ini belajar tentang nilai empati,” tutur Zaini. Dosen Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung tersebut memaparkan bahwa nilai empati akan didapat oleh pemain ketika cubitan yg ia berikan kepada seseorang di sebelahnya kembali pada dirinya.

Baca juga: BPIP perkenalkan Pancamain kepada tenaga pengajar seluruh Indonesia

“Mereka akan merasakan kerasnya cubitan & belajar untuk tidak mencubit seperti itu,” ucap Zaini melanjutkan.

Pemaparan nilai-nilai Pancasila melalui narasi merupakan bagian perdana yg mendorong terbentuknya Pancamain, ungkap Zaini.

Bagian kedua adalah pengalaman, yg mana para peserta didik akan bersentuhan secara langsung untuk mengalami & meresapi nilai-nilai yg berusaha dihinggakan melalui permainan.

Para pengajar dapat menolong peserta didik untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila melalui aksi-aksi interaktif ketika melakoni permainan tersebut.

“Pengalaman-pengalaman ini yg akan kita bawa ke Pancamain, sehingga anak-anak akan mempelajarinya dengan penuh kesadaran,” tuturnya.

Baca juga: BPIP tanamkan nilai-nilai Pancasila melalui Pancamain

Bagian ketiga yg mendorong terbentuknya Pancamain adalah keberlangsungan. Pada bagian ini, kelompok-kelompok pengajar akan dibina dalam pengembangan Pancamain sebagai media pendidikan Pancasila di sekolah.

Bagian keberlangsungan mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Dalam UU tersebut diatur mengenai perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, & pembinaan, yg kemudian dipakai sebagai struktur dari Pancamain.

Oleh karena itu, selain memberi binaan untuk mengembangkan, struktur Pancamain juga mencakup proteksi data-data permainan, tata cara pengembangan permainan, lalu pemanfaatan Pancamain dalam pendidikan.

Ketiga bagian tersebut menyokong Pancamain untuk mengenalkan nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak, jelas Zaini.

Baca juga: BPIP-Komite Olahraga Tradisional kenalkan Pancasila melalui permainan

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2292486/zaini-alif-kenalkan-nilai-pancasila-pada-anak-melalui-permainan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *