oleh

Yogyakarta targetkan bantuan keuangan parpol cair April

Kompleks Balai Kota Yogyakarta (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) – Badan Kesatuan Bangsa & Politik Kota Yogyakarta mengupayakan percepatan pencairan bantuan keuangan partai politik sehingga sudah dapat dicairkan pada April meski terjadi sejumlah perubahan aturan dalam penyalurannya.

beincash

“Harus dapat sesegera mungkin dicairkan karena sangat dibutuhkan partai politik & anggarannya pun sudah siap,” mengatakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa & Politik Kota Yogyakarta Budi Santosa di Yogyakarta, Senin.

Saat ini, bantuan keuangan partai politik masuk dalam dana hibah di tiap organisasi perangkat daerah teknis & tidak lagi masuk dalam anggaran bantuan keuangan di Badan Pengelolaan Keuangan & Aset Daerah (BPKAD) seperti tahun lalu.

Baca juga: Tiga Parpol di Kudus mengajukan pencairan dana bantuan keuangan
Baca juga: Parpol di Makassar bantu pemerintah perangi COVID-19
Baca juga: Pemkab Pekalongan anggarkan bantuan parpol Rp1,103 miliar

Meski terjadi perubahan aturan, namun Budi memastikan akan mengerjakan percepatan penyaluran bantuan termasuk meminta partai politik untuk mengerjakan revisi kepada proposal penggunaan dana yg sudah diajukan.

Perubahan tersebut terkait dengan penggunaan bantuan keuangan partai politik (parpol) pada 2021 yg dapat dimanfaatkan untuk mendukung program penanganan COVID-19.

“Pada tahun lalu, seluruh anggaran cuma dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pendidikan politik sebesar 60 persen adan sisanya untuk administrasi perkantoran sebesar 40 persen,” katanya.

Pada tahun ini, juga tidak ada aturan persentase penggunaan dana untuk tiap program namun tetap diprioritaskan untuk kegiatan pendidikan politik.

Sedangkan untuk nilai hibah bantuan keuangan yg akan diterima partai politik tidak mengalami perubahan yaitu tetap Rp3.446 per suara yg diperoleh parpol yg memiliki kursi di DPRD Kota Yogyakarta.

Di Kota Yogyakarta total terdapat delapan parpol yg berhak menerima bantuan keuangan dengan nilai total mencapai sekitar Rp770 juta.

Sedangkan untuk penggunaan bantuan keuangan pada 2020, seluruh laporan keuangan yg dihinggakan oleh partai politik memperoleh hasil audit Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Pada 2019, masih ada parpol yg memperoleh hasil audit WTP dengan catatan.

“Artinya, seluruh partai politik sudah sanggup mengelola bantuan dengan baik & melaporkan penggunaannya sesuai dengan aturan akuntansi,” katanya.

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2082314/yogyakarta-targetkan-bantuan-keuangan-parpol-cair-april

ligafox

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *