oleh

Warga Irak: Matilah Israel, Matilah Amerika! – Internasional

Asap & api membumbung selama serangan udara Israel di tengah peningkatan kekerasan Israel-Palestina di Gaza (12/5/2021). Foto: ANTARA FOTO/REUTERS /Ibraheem Abu Mustafa

jpnn.com, JAKARTA – Massa di sejumlah kota di Irak menggelar aksi protes terhadap pengeboman oleh Israel di Jalur Gaza pada Sabtu (15/5), dengan membakar bendera Israel & Amerika.

Ribuan pengunjuk rasa meneriakkan slogan anti-Israel & membawa spanduk bertuliskan “Matilah Israel, matilah Amerika”. Mereka juga mengibarkan bendera Palestina.

Aksi protes, yg diserukan oleh ulama Syiah berpengaruh Moqtada al-Sadr sekaligus pemimpin paramiliter lainnya, digelar setelah Israel meluncurkan lagi serangan udara terhadap Gaza & setelah petempur Palestina menembakkan roket ke arah Tel Aviv & kota-kota lainnya dalam peningkatan ketegangan paling parah di kawasan tersebut sejak 2014.

Slot info lainnya:

  • Begini Sikap BKSAP DPR RI Merespons Konflik Palestina & Israel

Sadr, yg memiliki jutaan pengikut di Irak & mengendalikan sebagian besar kelompok paramiliter, menjanjikan dukungannya untuk kelompok Palestina di Gaza.

Kerumunan orang secara massal jarang terjadi di Irak sejak pasukan keamanan & kelompok milisi menindas aksi protes anti pemerintah tahun lalu & di tengah pembatasan jam malam terkait pencegahan COVID-19.

Pemerintah mengumumkan pembatasan jam malam 10 hari selama libur lebaran Idul Fitri guna mengatasi lonjakan infeksi COVID-19.

Slot info lainnya:

  • Indonesia Bisa Melakukan 3 Hal Ini Merespons Agresi Israel terhadap Palestina
  • Palestina Dibombardir Israel, Habib Rizieq Serukan Ini kepada Umat Islam Indonesia

Sadr & kelompok dukungan Iran menganggap Israel & Amerika Serikat musuh serta menentang keras kemungkinan pemulihan diplomatik dengan Israel, seperti yg telah dilakukan oleh dua negara Teluk Arab.(Reuters/Antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *