oleh

Wapres: RB untuk pemerintah profesional & bebas dari KKN

Slot SimakNews.com

Wapres: RB untuk pemerintah profesional & bebas dari KKN

,

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Maruf Amin. ANTARA/HO-EP-BPMI Setwapres/pri

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan reformasi birokrasi (RB) di seluruh instansi pusat & daerah bertujuan untuk mewujudkan pemerintah yg profesional & bebas dari praktik korupsi, kolusi & nepotisme (KKN).

“Reformasi birokrasi pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan birokrasi pemerintah yg profesional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bersih & bebas dari KKN,” tutur Wapres Ma’ruf dalam pidato kunci pada Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian Tahun 2021 secara daring dari Jakarta, Kamis.

Dengan keberhasilan reformasi birokrasi tersebut, lanjut Wapres, sistem pemerintahan di pusat & daerah sanggup memberikan pelayanan publik dengan netral, sejahtera, berdedikasi & sesuai kode etik aparatur negara.

Wapres mengatakan dengan terwujud-nya reformasi birokorasi tersebut juga dapat membawa Indonesia sebagai negara maju dengan sistem pemerintahan berkelas dunia.

“Kita berkeyakinan Indonesia akan jadi negara maju, yg memiliki pemerintahan kelas dunia,” tukas-nya.

Baca juga: Wapres minta K/L, pemda lakukan langkah strategis reformasi birokasi

Baca juga: Wapres desak K/L, pemda segera sederhanakan birokrasi

Sistem pemerintahan berkelas dunia tersebut, menurut Wapres, ialah bersifat profesional, berintegritas tinggi, sanggup beradaptasi dengan cepat & tepat serta dinamis dengan perubahan lingkungan yg strategis.

Pemerintah juga mendorong terwujud-nya profesionalitas aparatur sipil negara (ASN) melalui pengembangan manajemen ASN di tiga aspek, yaitu kualifikasi, kompetensi & kinerja, ujar menjelaskan.

“Ketiga hal tersebut ke depannya jadi faktor penting dalam pengembangan Manajemen Talenta Nasional,” ujarnya menambahkan.

Aspek pemenuhan kualifikasi, mengatakan Wapres, sudah diupayakan sejak 2012 dengan perbaikan sistem perencanaan, pengadaan & seleksi pegawai. Hal itu antara lain juga dilakukan dengan menerapkan Computer Assisted Test (CAT) dalam perekrutan ASN.

“Hingga saat ini proses perekrutan ASN dilakukan dengan adil & transparan. ASN yg direkrut diharapkan memiliki kualifikasi yg terbaik sesuai dengan kebutuhan,” mengatakan Wapres.

Sementara itu, aspek kompetensi diwujudkan melalui penerapan manajemen ASN berbasis merit system, mulai dari perencanaan, pelaksanaan & pemetaan, hingga supervisi & evaluasi kompetensi ASN.

Terakhir, aspek kinerja merupakan hal fundamental dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan karena itu jadi tolok ukur keberhasilan ASN dalam pelayanan publik.

“Ketiga variabel penting tersebut perlu dikelola dengan baik dalam suatu sistem yg terintegrasi,” ujarnya.

Baca juga: Wapres: Reformasi birokrasi harus ubah paradigma ASN

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2242022/wapres-rb-untuk-pemerintah-profesional-dan-bebas-dari-kkn

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *