oleh

Wapres ingatkan asuransi syariah Indonesia hadapi tantangan AFAS

Slot SimakNews.com – Wapres ingatkan asuransi syariah Indonesia hadapi tantangan AFAS,

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan pidato pada acara Milad ke-18 Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) secara virtual dari kediaman resmi wapres di Jakarta, Sabtu (14/8/2021). (Asdep KIP Setwapres)

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan industri asuransi di Indonesia menghadapi tantangan ASEAN Framework Agreement on Services (AFAS) yg bertujuan untuk menghilangkan pembatasan perdagangan jasa di antara negara-negara ASEAN.

“Dalam waktu dekat, industri asuransi syariah juga akan menghadapi tantangan keterbukaan pasar regional melalui ASEAN Framework Agreement on Services yang akan dimulai pada 1 Januari 2025,” mengatakan Wapres di acara Milad ke-18 Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) secara virtual, Sabtu.

Dengan mulai berlakunya AFAS tersebut, lanjut Wapres, maka industri asuransi syariah di Indonesia akan semakin kompetitif untuk memimpin pasar asuransi di tingkat nasional & regional.

Baca juga: Wapres: Wakaf uang berpotensi akbar dikembangkan di Indonesia

“Persaingan usaha asuransi syariah di dalam negeri akan semakin kompetitif seiring masuknya pesaing perusahaan asuransi dari negara-negara ASEAN,” tambahnya.

Namun demikian, mengatakan Wapres, kondisi tersebut dapat jadi peluang bagi industri asuransi syariah untuk memperluas pasar ke negara-negara ASEAN.

“Industri asuransi syariah nasional harus terus mempersiapkan diri, lebih kompetitif, & lebih efisien sehingga sanggup bersaing di dalam negeri serta memimpin pasar asuransi syariah di tingkat regional,” jelasnya.

Baca juga: Wapres: Selain ibadah, wakaf berperan dorong pembangunan negara

Dalam rangka pengembangan ekonomi & keuangan syariah di Indonesia, Wapres mengatakan industri asuransi syariah memiliki kesempatan untuk meningkatkan rantai nilai halal atau halal value chain.

“Asuransi syariah memiliki kesempatan berperan lebih akbar dalam halal value chain, baik melalui industri produk halal maupun industri keuangan syariah,” mengatakan Wapres.

Pemerintah juga akan terus mendukung upaya pengembangan industri keuangan syariah nasional sebagai upaya untuk menjadikan Indonesia pusat industri keuangan syariah dunia.

Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin doakan kesembuhan Miftachul Akhyar

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2326442/wapres-ingatkan-asuransi-syariah-indonesia-hadapi-tantangan-afas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *