oleh

Wapres dorong Unisma perkuat riset & inovasi berbasis teknologi

Slot SimakNews.com

Wapres dorong Unisma perkuat riset & inovasi berbasis teknologi

,

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Maruf Amin dalam sambutannya pada Rapat Terbuka Senat Universitas Islam Malang (UNISMA) dalam rangka Orientasi Studi & Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 melalui konferensi video di Kediaman Resmi Wapres di Jl.Diponegoro Nomor 2, Jakarta, Senin (6/9/2021). ANTARA/HO-BPMI Setwapres/pri.

Saya mendorong Unisma untuk mengembangkan riset & perkembangan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi & meningkatkan kerja sama & berkolaborasi dengan dunia usaha, dunia industri, lembaga riset, perguruan tinggi lain & pemerintahJakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong Universitas Islam Malang (Unisma) mengembangkan penelitian & perkembangan berbasis teknologi informasi, serta membuka peluang kerja sama dengan dunia industri.

Hal itu dihinggakan Wapres Ma’ruf Amin saat menyampaikan orasi ilmiahnya dalam Rapat Terbuka Senat Universitas Islam Malang (Unisma) secara virtual dari kediaman resmi wapres di Jakarta, Senin.

“Saya mendorong Unisma untuk mengembangkan riset & perkembangan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi & meningkatkan kerja sama & berkolaborasi dengan dunia usaha, dunia industri, lembaga riset, perguruan tinggi lain & pemerintah,” mengatakan Wapres Ma’ruf di Jakarta, Senin.

Wapres juga meminta Unisma dapat menciptakan iklim pembelajaran yg kreatif & inovatif guna menghasilkan generasi unggul & profesional serta sanggup bersaing di tingkat regional Asean & tingkat global.

Terkait pentingnya inovasi, Wapres mencontohkan perusahaan teknologi multinasional Apple Inc. yg berhasil mencapai nilai valuasi hingga 2 triliun dolar AS di 2020.

“Sumber daya terbesar yg dimiliki oleh W bukan sekedar produk teknologinya, tetapi adalah inovasi. Karena itu, Boston Consulting Group memberikan predikat Apple sebagai perusahaan paling inovatif di dunia mengalahkan Google, Microsoft & Samsung,” jelasnya.

Selain Apple Inc., Wapres juga memberikan contoh perusahaan minyak & gas Saudi Aramco yg pernah mencapai nilai valuasi hingga 2 triliun dolar AS pada 2019.

“Yang membedakan adalah Apple mencapai valuasi tersebut dengan memanfaatkan perkembangan sebagai sumber daya terbesar, sementara Aramco mendapat valuasi dari cadangan minyak yg dikelolanya,” katanya.

Saat harga minyak mengalami penurunan valuasi, lanjut Wapres, Saudi Aramco mengalami penurunan, sedangkan valuasi Apple Inc. justru bertumbuh cukup pesat.

Oleh karena itu, Wapres meminta seluruh perguruan tinggi saling berkoordinasi & menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk menciptakan perkembangan dengan perkembangan teknologi.

Baca juga: Pemerintah dorong pelaksanaan PTM perguruan tinggi
Baca juga: Wapres: Kriteria SDM unggul harus jadi “tagline” nasionalisme

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2374622/wapres-dorong-unisma-perkuat-riset-dan-inovasi-berbasis-teknologi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *