oleh

Tetris, Gim Legendaris yg Telah Bertahan Lebih dari 30 Tahun

Slot SimakNews.com – Tetris, Gim Legendaris yg Telah Bertahan Lebih dari 30 Tahun,

Gamer mana yg tidak kenal dengan Tetris? Gim legendaris ini masih terus dimainkan selama puluhan tahun sekalipun banyak gim-gim modern dengan grafik & gameplay mutakhir terus berdatangan di setiap era. Apa rahasia kepopuleran Tetris?

IDGS, Sabtu, 19 Juni 2021 Diciptakan oleh insiyur perangkat lunak asal Rusia (saat itu masih Uni Soviet) Alexey Pajitnov pada 1984 & perdana kali diimplementasikan untuk komputer Electronica 60, Tetris sudah jadi salah satu gim bergenre puzzle terbaik sepanjang masa yg eksis di semua platform dengan versinya masing-masing.

Tetris & Nintendo

Sebagai salah satu video gim tersukses sepanjang masa, Tetris perdana kali diadaptasi ke platform konsol oleh Nintendo Entertainment System (NES) & Nintendo Game Boy. Mendapatkan hak untuk memporting Tetris yg saat itu cuma tersedia di PC ke konsol mereka bahkan jadi titik balik bagi Nintendo yg kinerjanya saat itu tengah meredup & kesulitan bersaing di pasar gim Amerika Serikat. SImbiosis Tetris dengan Nintendo membawa nama keduanya melambung tinggi di dunia hiburan elektronik pada era 80an akhir & 90an awal.

BacaJuga

Nintendo Akan Buka Galeri Nintendo di Kyoto

Epic Games Mengajukan USD 200 Juta Untuk Gim First Party Sony

Buat Game Ciptaanmu Sendiri Di Nintendo Switch!

Tetris untuk handheld konsol Nintendo Game Boy. (Nintendo)

Tak cuma itu, demi memperoleh hak memporting Tetris ke NES & Game Boy, Nintendo juga terlibat dalam salah satu pertarungan legalitas paling alot dalam sejarah video gim melawan Atari. Polemik akan hak atas Tetris bahkan melibatkan pemimpin Uni Soviet kala itu, Mikhail Gorbachev. Nintendo hingga mengirim perwakilannya ke Uni Soviet untuk membujuk langsung pencipta Tetris, Alexey Pajitnov, supaya menolong memuluskan langkah Nintendo mendapatkan hak mengpakai Tetris sebagai gim di konsol mereka.

Mudah dipelajari, sulit untuk dikuasai

Sekilas, Tetris terkesan seperti gim yg sangat sederhana. Pemain cuma perlu merotasi bentuk dari balok yg jatuh supaya dapat memenuhi bagian bawah dari area permainan sehingga tidak meninggalkan rongga kosong. Pada versi umumnya, membentuk susunan balok jadi persegi atau persegi panjang akan menghilangkan susunan itu & pemain sebagai gantinya, mendapatkan poin. Tujuan dari Tetris adalah mempertahankan supaya blok-blok yg berjatuhan tidak hingga ke bagian atas dari area permainan, yg apabila terjadi akan menyebabkan pemain kalah.

Meski mudah dipelajari, Tetris susah untuk dikuasai hingga ke level tinggi. Dibutuhkan pemikiran cepat & kemampuan membaca susunan balok ke depan untuk dapat menciptakan susunan yg tepat. Apalagi laju jatuh balok akan semakin bertambah cepat seiring dengan berlalunya waktu.

Tetris versi PlayStation VR. (Sony)

Menariknya dari Tetris & yg mungkin menciptakannya jadi salah satu gim yg tak lekang oleh waktu, adalah fakta bahwa anda tidak perlu jago memainkannya. Gim ini dirancang sebagai gim kasual yg dapat memberi kepuasan tersendiri dengan mengalahkan rekormu sebelumnya. Di satu sisi, anda juga dapat memilih jalur hardcore di mana anda terus berusaha menembus batasan kemampuanmu untuk meraih skor setinggi mungkin. Tidak akan ada orang yg menuntutmu untuk jago bermain Tetris, seperti laiknya gim-gim gacha, MMORPG, MOBA, atau First-person Shooter.

Salah satu gim eSports tertua

Tetris sudah dilombakan sejak istilah eSports belum terlahir. Dimulai pada Nintendo World Championship tahun 1990 di mana Tetris adalah gim terakhir yg dipertandingkan. Versi Tetris untuk NES yg dipakai dalam lomba itu hingga sekarang masih dipakai sebagai acuan bagi turnamen-turnamen Tetris saat ini.

Menarik perhatian pemain dari berbagai usia, bahkan seumuran 13 tahun, Classic Tetris World Championship terus melahirkan teknik-teknik baru memainkan Tetris dalam setiap pagelarannya.

Bahkan salah satu pemain Tetris terbaik dunia untuk saat ini adalah orang Indonesia loh! Ia tak lain adalah Nenu Zefanya Kariko, salah satu dari top 8 dunia pemain Tetris versi NES, Nenu menduduki peringkat 6 dunia menurut data pada 7 Desember 2020 dengan skor ELO NTSC mencapai 1.942.

Nenu’s power went out and he had to rush to a friend’s house to play his semifinal match! Can he stay focused after rushing across town with his NES? https://t.co/amERdc7Ib8 pic.twitter.com/cFbihfTBuy

— Tetris Championship (@ClassicTetris) December 7, 2020

Jadi, berapa lama kejayaan Tetris akan terus bertahan? Apakah Tetris masih dapat bertahan hingga 50 tahun ke depan misalnya? Siapa tahu. Hanya waktu yg dapat membuktikan gim mana yg sanggup bertahan dari ujiannya. Namun Tetris dapat dibilang merupakan salah satu kandidat terbaik untuk mengerjakannya!

(Stefanus/Online)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *