oleh

Taiwan Tak Kunjung Mendapatkan Vaksin COVID-19, Gegara Campur Tangan China? – Internasional

Slot SimakNews.com – Taiwan Tak Kunjung Mendapatkan Vaksin COVID-19, Gegara Campur Tangan China? – Internasional,

Presiden Taiwan Tsai Ing Wen. Foto: Reuters

jpnn.com, TAIPEI – Taiwan pada Rabu untuk pertama kalinya secara langsung menuding China menghalangi kontrak vaksin COVID-19 dengan produsen BioNTech asal Jerman, dalam eskalasi perang verbal setelah Beijing memberikan vaksin ke wilayah itu melalui perusahaan China.

Taiwan memperoleh jutaan dosis vaksin yg dipesan, dari AstraZeneca & Moderna, namun hingga saat ini baru menerima 700.000 lebih sedikit & baru dapat memvaksinasi sekitar 1 persen penduduknya saat infeksi melonjak.

Meski Taiwan sebelumnya mengaku tidak dapat mengesahkan kontrak akhir dengan BioNTech, pihaknya hanya menyiratkan bahwa hal ini lantaran tekanan dari China.

Slot info lainnya:
  • China Larang Mobil Tesla Masuk Area Perkantoran Pemerintah, Bahkan Sekadar Melintas

China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya & berupaya membatasi hubungan internasional mereka.

Melalui pernyataan saat pertemuan Partai Progresif Demokratik berkuasa Taiwan, Pemimpin Tsai Ing-wen mengatakan mereka “lancar” memesan vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca & Moderna.

“Mengenai BionTech Jerman, kami hampir menyelesaikan kontrak dengan pabrik asal Jerman itu, namun karena campur tangan China, hingga kini belum ada cara untuk merampungkan kontrak tersebut,” katanya.

Slot info lainnya:
  • 21 Pelari Mati Kedharapan Saat Ikut Lomba di China

Dalam komentar kepada Reuters sesaat sebelum pernyataan Tsai dirilis, BioNTech mengaku tidak dapat berkomentar mengenai diskusi potensial atau yg sedang berlangsung tentang penyediaan vaksin.

“Tak perlu disebutkan lagi bahwa tujuan BioNTech yakni menyediakan akses ke vaksin kami untuk sebanyak mungkin orang di seluruh dunia,” mengatakan perusahaan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *