oleh

Sultan – Cak Abror

Slot SimakNews.com – Sultan – Cak Abror,

Raffi Ahmad: Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com – Sultan adalah sebutan untuk raja di sebuah negara monarki Islam. Pada masa lalu terdapat banyak kerajaan dengan basis agama Hindu atau Buddha di Indonesia.

Setelah Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13 beberapa kerajaan beralih menjadi kesultanan karena rajanya memeluk Islam. Di Jawa, kesultanan pertama yg berdiri adalah Kesultanan Demak pada abad ke-15, kemudian disusul Kesultanan Mataram pada abad ke-16.

Dari Mataram ini kemudian lahir Kesultanan Yogyakarta & Kasunanan Surakarta. Sampai sekarang Kesultanan Yogyakarta & Kasunanan Surakarta di Solo masih eksis.

Slot info lainnya:
  • HRS

Kesultanan Yogyakarta adalah bagian dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sultan Yogyakarta sekarang, Hamengkubuwono X, adalah ex-officio gubernur Yogyakarta.

Berdasarkan status keistimewaan DIY, jabatan gubernur secara otomatis dipegang oleh Sultan Yogya. Anak-anak milenial sekarang, mungkin, tidak banyak yg mengenal Sultan Yogya.

Mungkin juga sebagian dari mereka telah berkunjung ke Yogya meskipun tidak terlalu memahami khazanah politik & budayanya. Namun, anak-anak milenial sekarang pasti sangat mengenal ‘’Sultan’’ karena sultan sekarang menjadi bagian dari bahasa gaul yg lagi mengetren.

Slot info lainnya:
  • Ganjar

Sultan dipakai untuk menyebut seseorang yg banyak duit & hidup mewah, dengan berbagai barang branded menempel di seluruh tubuhnya, mulai  sepatu hingga topi & berbagai asesori yg menempel di seluruh anggota badan.

Setiap kali ada kawannya yg memamerkan barang branded yg mahal seperti jam tangan atau smartphone merek terbaru, kawan milenialnya akan menyebutnya ‘sultan banget’.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *