oleh

Stafsus Presiden tekankan pemahaman utuh pancasila oleh generasi muda

Tangkapan layar – Staf Khusus (Stafsus) Presiden bidang Sosial Angkie Yudistia. ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Ini saling terkait & bukan cuma sekadar hafalanJakarta (ANTARA) – Staf Khusus (Stafsus) Presiden bidang Sosial Angkie Yudistia menekankan pentingnya pemahaman nilai-nilai pancasila oleh generasi muda secara utuh.

“Ini saling terkait & bukan cuma sekadar hafalan,” mengatakan Angkie pada dialog kebangsaan pancasila dalam kurikulum secara virtual di Jakarta, Senin.

Ia membandingkan metode pembelajaran generasi milenial lebih banyak yg bersifat hafalan sedangkan generasi Z hal itu tidak banyak ditemukan karena lebih adaptif dengan konteks kekinian.

Saat ini lanjut Angkie, setiap peserta didik harus dapat adaptif kepada perkembangan zaman termasuk dalam diseminasi nilai-nilai pancasila.

Pengarusutamaan nilai-nilai pancasila dapat melalui kegiatan-kegiatan kurikuler. Baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

Baca juga: Kepala BPIP: Generasi muda diharapkan isi kemerdekaan demi NKRI maju

Baca juga: MPR: Nasionalisme penting bagi pembangunan tabiat generasi muda

Pendiri Thisable Enterprise tersebut mengatakan pemahaman nilai-nilai pancasila dapat divisualisasikan dalam bentuk kegiatan yg atraktif. Tentunya hal itu harus sesuai dengan minat, bakat, umur, kearifan lokal & lain sebagainya.

Sedangkan di kegiatan ekstrakurikuler hal yg sama dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan akomodatif kepada minat & talenta generasi muda saat sekarang. “Jadi harus disesuaikan dengan kebutuhan mereka,” ujarnya.

Tidak cuma anak didik & generasi muda, para pemangku kepentingan baik di pusat maupun daerah juga harus dapat memaknai substansi nilai-nilai pancasila.

Dengan memahami substansi nilai-nilai pancasila maka dapat diaplikasi ke dalam berbagai program yg tentunya mengikuti perkembangan zaman.

“Pada akhirnya generasi muda dapat mengamalkan nilai-nilai pancasila tanpa harus menghafal tetapi adaptif & mudah memahaminya,” tutur dia.

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2135774/stafsus-presiden-tekankan-pemahaman-utuh-pancasila-oleh-generasi-muda

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *