oleh

Satgas Pamtas bantu kemajuan dunia pendidikan-pertanian di perbatasan

Slot SimakNews.com – Satgas Pamtas bantu kemajuan dunia pendidikan-pertanian di perbatasan,

Satgas Pamtas Yonif Mekanis (Yonmek) 642/Wanara Sakti saat membagikan buku, tas & alat tulis kepada siswa berprestasi yg ada di perbatasan Indonesia-Malaysia. (Foto ANTARA/HO)

Pontianak (ANTARA) – Selain menjaga keamanan di perbatasan Kalimantan Barat, Satgas Pamtas Yonif Mekanis (Yonmek) 642/Wanara Sakti juga ikut memajukan dunia pendidikan berupa bantuan pembagian buku & alat tulis serta memberikan penyuluhan pertanian kepada anak-anak & masyarakat di perbatasan Indonesia-Malaysia.

“Selain mengamankan wilayah perbatasan, kami juga harap menolong dunia pendidikan dengan membagikan buku, tas & alat tulis kepada siswa SDN 15 Sentabeng Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang & memberikan penyuluhan pertanian kepada Kelompok Tani Kampung Trans Desa Beruang, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas,” mengatakan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol (Inf) Hendro Wicaksono saat dihubungi di Entikong, Senin.

Dia mengatakan kegiatan yg dilakukan Satgas Pamtas di Pos Sentabeng tersebut untuk menolong kesulitan masyarakat perbatasan khususnya dalam bidang pendidikan, supaya anak-anak di perbatasan lebih semangat belajar.

“Dengan asa pemberian tas, buku & alat tulis itu dapat meningkatkan motivasi & semangat belajar anak-anak di daerah dalam meraih cita-cita mereka,” ujarnya.

Begitu juga mengatakan Dansatgas, pada kegiatan penyuluhan pertanian yg di lakukan kepada Kelompok Tani Kampung Trans di Desa Beruang. Hal itu berkat bekalan pengetahuan yg diperoleh pada saat melaksanakan pembekalan tugas melalui Dinas Pertanian Kalbar & adanya kerja sama dengan Rizky dari PPL dari PT Best, Pos Berjongkong dipimpin Danpos Letda (Inf) M Aris mencoba memberikan penjelasan pengetahuannya tentang bercocok tanam tanaman sawit yg baik & benar.

“Dalam kegiatan ini, Danpos Berjongkong bersama PPL PT Best berbagi ilmu & teknik praktis bercocok tanam, diantaranya cara menentukan bibit, kapan waktu memupuk, menyiram & membersihkan tanaman dari hama yg ada, harapanya dapat ditiru & berdampak meningkatkan hasil panennya,” katanya.

Di tempat terpisah Danpos Berjongkong, Letda (Inf) M Aris mengatakan di dalam dunia pertanian di Indonesia sudah tidak asing lagi istilah penyuluhan pertanian, di mana penyuluhan pertanian itu sendiri sangat penting untuk meningkatkan produksi para petani.

“Masih banyak petani di Indonesia yg merasa kecewa dengan hasil produksi panennya yg belum maksimal sementara usaha untuk mencapai itu sudah dilakukan,” katanya.

Sementara itu terkait pembagian buku, tas & alat tulis Serka Sumarsono selaku Danpos Sentabeng, mengatakan bantuan itu mungkin tidak seberapa. Namun hal ini merupakan upaya & motivasi supaya anak-anak semakin giat belajar & jadi generasi yg pintar.

Baca juga: Satgas TNI menyemarakkan kegiatan Orang Muda Katolik di perbatasan
Baca juga: Satgas TNI latih keterampilan warga di perbatasan buat bonsai

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2235666/satgas-pamtas-bantu-kemajuan-dunia-pendidikan-pertanian-di-perbatasan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *