85170 ruben onsu -
in

Ruben Onsu Kalah Lagi, Kali Ini soal Desain Kemasan Geprek Bensu

Ruben Onsu [Evi Ariska/Suara.com]

“Memang hakim berkeputusan begitu kan, ya kita bersyukur,” mengatakan kuasa hukum seteru Ruben Onsu.

Simaknews.com – Presenter Ruben Onsu selaku pemilik usaha masakan Ayam Geprek Bensu harus kembali menelan pil pahit karena kalah dengan PT Ayam Geprek Benny Sujuno yg membawahi I Am Geprek Bensu di pengadilan. Kekalahannya kali ini terkait desain industri kemasan kotak pembungkus.

Advertisements

“Iya (sudah dimenangkan). Memang hakim berkeputusan begitu kan, ya kita bersyukur,” mengatakan kuasa hukun Benny Sujono, Eddie Kusuma kepada Suara.com, Jumat (11/9/2020).

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memenangkan PT Ayam Geprek Bensu Benny Sujono dalam amar putusan pada 8 September 2020. Pertimbangannya, kotak makanan yg selama ini dipakai pada bisnis ayam Ruben Onsu menyerupai Ayam Geprek Benny Sujono, yg lebih dulu didaftarkan di merk dagang pada 17 April 2017.

“Kenapa dimenangkan karena Benny Sujono mendaftarkan lebih dulu,” ujarnya.

81769 ruben onsu suaracomalfian winanto 1599843941 -Presenter Ruben Onsu ketika menjawab pertanyaan awak media saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (17/8). [Simaknews.com/Alfian Winanto]

Hakim dalam amar putusannya juga menyatakan kemasan makanan yg didaftarkan Ruben Onsu tertanggal 20 Juli 2018 batal demi hukum. Kini, pihak Benny Sujono tinggal menunggu eksekusi dari Direktorat Cipta & Desain Industri Dirjen HKI Kementerian Hukum & HAM untuk mencoret & membatalkan sertifikat yg dimiliki Ruben Onsu.

“Pengadilan sudah menyatakan itu merek milik kita, tidak boleh orang lain pakai. Buktinya mereka hingga hari ini pakai. Kita tunggu saja kebijakan pelaksanaan dari Kemenkumham. Yang melarang dia pakai itu putusan pengadilan nanti pelaksanaannya Kemkumham. Kalau tidak dilakukan baru diekseskusi paksa lapangan,” ujarnya menjelaskan.

Lebih lanjut, meski memenangkan dua gugatan yg dilayangkan Ruben, pihaknya tak mau ambil pusing menggugat balik. Meskipun, hingga kemenangannya, pihak Ruben tak mengganti merek dagang, logo, hingga kotak kemasan.

“Tapi kita cukup satu saja, nggak usah banyak-banyak, kan yg gugat mereka. Yang mulai (gugatan) kan dia, karena kotak kemasan itu yg kita pakai adalah sejak berdirinya 17 April 2017. Dia bilang dia punya ini kotak kemasan, punya sertifikat, dia punya tuh 20 Juli 2018,” katanya.

Ketika disinggung perkara merek yg sudah dimenangkan kliennya, ia mengatakan pihak Ruben Onsu belum melaksanakan putusan hukum padahal sudah berkekuatan hukum tetap.

Berdasarkan hukum, karena Ruben kalah, semestinya ia segera mengganti kemasan & merek makanan yg selama ini membesarkan namanya itu.

“Dalam hukum merk UU no 31 tahun 2000, menyatakan, seseorang dapat mendaftar guna mendapat sertifikat merek apabila merek yg didaftar punya nilai novelsi atau dalam bahasa indonesia kebaruan. Kalau sekiranya dia mengaku memiliki itu, ternyata yg punya duluan kita kan. Apakah merek itu harus dipertahankan? Kotak kemasan itu harus diganti nggak dapat itu lagi,” mengatakan Eddie.

Eddie juga menyanyangkan sikap Direktorat Jenderal HKI yg belum juga menghapus, mencoret atau membatalkan merek yg sertifikatnya sudah dinyatakan batal. Eddie berharap pemerintah segera mengeksekusi putusan tersebut.

25841 roben onsu dan jordi onsu yulianisuaracom 1599843944 -Roben Onsu & Jordi Onsu [Yuliani/Suara.com]

“Harusnya pemerintah yg ambil sikap bukan saya, karena kan dalam hukum merek, brand itu satu aja nggak ada dua,” ujarnya.

Terkait putusan pengadilan kali ini, pihak Ruben Onsu belum memberikan klarifikasi atau komentar.

12

Report

What do you think?

452 points
Upvote Downvote

Written by Agen Slot

Agen Slot Online Terbaru 2020

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0