oleh

Review Keyboard Rexus Legionare MX9 Setelah Sebulan Pemakaian

-Games-17 views

INDOGAMERS.ID Desember lalu Rexus merilis keyboard TKL mekanikal terbaru mereka, Rexus Legionare MX9. Dijual dalam 4 varian warna; Cloud White, Asphalt Black, Steel Blue, & Rose Pink tampaknya varian Steel Blue & Rose Pink memiliki daya tarik sendiri. Tim Review Online berkesempatan mencoba varian warna Steel Blue dengan switch Outemu Red.

Pada awal perilisan Rexus Legionare MX9, ada permasalahan pada tombol multimedia. Legend tertera pada keycaps tidak sesuai dengan fungsi tombol. Kini Rexus sudah memperbaikinya melalui pembaruan firmware yg dapat diunduh di laman Rexus. Kami akhirnya merilis review keyboard ini setelah sebulan pemakaian.

beincash

Spesifikasi Tertera & Isi Kemasan

BacaJuga

Review Rexus Daxa Air Wireless Free Your Move

Online Review Sakuna: Of Rice and Ruin

Review Rexus DAXA M71 Classic Si Simple Menawan

Jumlah Tombol: 87
Durabilitas Tombol: 50 juta klik
Kecepatan Respon: 1ms
Keycaps: ABS molding 2 warna
LED: 13 mode
Kabel: Braided nylon 1,8m
Berat: 750 10 gram
Dimensi: 361 x 22,5 x 133,5 mm
Kompatibilitas: Windows & MAC

Kelengkapan Rexus Legionare MX9

Paket pembelian berisi:

  • Unit Rexus Legionare MX9
  • 4x switch cadangan
  • 1x switch puller
  • Buku manual
  • Kartu garansi
  • Desain & Build Quality

    Urusan opsi warna, itu sudah jadi preferensi masing-masing. Kami memilih varian Steel Blue. Alasannya cukup sederhana, kami sudah terbiasa dengan warna hitam & putih. Varian warna Rose Pink memang menarik, tetapi karena cuma dapat menerima satu unit, kami memilih varian Steel Blue. Warna biru terlihat kalem sehingga enak dilihat mata (kami).

    Mengusung desain ukuran TKL/ TenKeyLess dengan total 87 tombol, Rexus Legionare MX9 berukuran 361 x 22,5 x 133,5 mm. Memiliki berat tertera 750 10 gram, saat kami coba timbang mendapatkan berat 648,5 gram.

    Keycaps keyboard ini bermaterial plastik ABS yg biasa dipakai pada keyboard mekanikal. Dengan desain double shot, legend/ petunjuk tombol tertera tidak akan hilang (kecuali tambahan printing) & dapat memperlihatkan cahaya RGB LED dengan oke. Semua legend tembus LED kecuali legend tambahan di tombol F1 hingga F12. Feel tombol tidak terlalu licin & meskipun tipis rasanya, masih ada rasa sentuhan tekstur agak kasar. Profil keycaps Rexus Legionare MX9 adalah OEM Profile.

    Body keyboard bermaterial plastik. Bagian muka masih terasa solid, namun bagian belakang terasa kopong. Desain kotak dengan lekukan di setiap pingir sisi, dapat dikatakan simple namun memang tidak berkesan gaming keyboard. Keyboard feet terbagi dalam 2 material berbeda. Bagian depan memakai plastik bertekstur dengan tambahan stand bermaterial plastik pula yg sanggup menambah ketinggian sekitar 1 cm. Sedangkan bagian belakang memakai material plastik bertekstur.

    Switch Rexus Legionare MX9 memakai Outemu dustproof. Disediakan varian Outemu Blue & Outemu Red. Unit kami pakai memakai Outemu Red. Keyboard ini memiliki fitur removeable switch. Pengguna dapat mengganti switch tanpa mengerjakan proses solder. Perlu diingat bahwa cuma switch Outemu tiga kaki yg dapat masuk ke PCB. Dari beberapa switch tiga kaki selain Outemu yg kami coba, Kailh BOX dapat masuk & berfungsi normal. Hanya saja tidak dapat terkunci dengan baik, sehingga mudah lepas. Rexus memberikan empat switch cadangan dalam paket pembelian. Switch mudah dilepas karena keyboard memakai desain floating keys.

    Kabel keyboard memakai kabel braided nylon non-detachable dengan USB yg belum gold-plated. Berada di posisi tengah, peletakan keyboard dapat fleksibel. Hanya saja memang menurut kami lebih prefer pada posisi yg dekat dengan PC. Mengenai warna kabel, cuma varian warna putih & hitam yg memiliki warna sama dengan keyboard. Varian biru & pink memakai kabel warna putih.

    Pengalaman Sebulan Pemakaian

    Baiklah. Waktunya berbagi pengalaman pemakaian keyboard Rexus Legionare MX9 selama sebulan. Memakai switch Outemu Red, keyboard nyaman dipakai untuk mengetik maupun bermain video gim. Switch ini memiliki actuation force sekitar 40-50 gram. Sederhananya, actuation force adalah kekuatan sentuhan yg dibutuhkan untuk tombol berfungsi. Bisa dikatakan, kami nyaman mengpakai keyboard dengan santai untuk berfungsi dengan baik & responsif. Jika anda prefer harap merasakan sentuhan tactile, kami sarankan memilih switch blue. Ya, ini kembali ke preferesi masing-masing.

    Suara Rexus Legionare MX9 dapat kalian cek pada video di bawah ini:

    Keycaps nyaman dipakai dalam kondisi jari tidak berkeringat. Hanya saja memang ketika berkeringat, akan terasa sedikit licin. Memungkinkan terpeleset memencet keyboard namun minor, tergolong jarang. Posisi kerapatan antar keycaps juga terbilang sudah cukup pas menurut kami. Ada hal yg sebenarnya tidak mengganggu performa namun dirasa kurang enak ketika dilihat. Hal itu adalah legend di beberapa tombol. Bagi yg suka dengan desain legend ala gaming, mungkin suka. Hanya saja kami tidak dapat berbohong bahwa kami tidak suka legend 6, 8, 9, 0, Q, R, O, P, A, D, C, B, Caps Lock, Enter, & Arrow pada keyboard ini.

    Fitur RGB dapat diatur langsung melalui tombol keyboard maupun software. Tidak ada legend untuk pengaturan RGB di keyboard. Bagi yg sebelumnya pernah mengpakai keyboard dengan fungsi tombol serupa, mungkin tidak ada masalah. Namun kami rasa, akan ada waktu tersendiri bagi pengguna baru untuk menghafalnya kalau tidak harap mengpakai software. Pengaturan RGB via keyboard langsung ada di buku manual. Bagi kami sendiri, ini bukan masalah berarti. Terlebih, bukan RGB enthusiast. Kami pakai fitur LED satu warna yg menyala saat tombol ditekan saja.

    Software Rexus Legionare MX9

    Selama satu bulan pemakaian, kami tidak menemukan masalah berarti. Pada awal perilisannya, Rexus Legionare MX9 memang ada permasalahan pada ketidaksesuaian fungsi tombol multimedia dengan legend tertera. Permasalahan tersebut sudah diatasi Rexus melalui pembaruan firmware yg dapat diunduh di laman dukungan Rexus. Caranya cukup mudah. Tinggal unduh & jalankan executable file diberikan. Tunggu prosesnya hingga selesai. Jika keyboard jadi tidak berfungsi setelah pembaruan firmware, tidak perlu panik. Cabut lalu pasang kembali keyboard dari PC, keyboard akan kembali bekerja dengan baik.

    Komentar final

    Secara performa, Rexus Legionare MX9 memberikan kenyamanan pemakaian. Satu-satunya hal menciptakan tidak nyaman bagi kami adalah beberapa legend yg tidak enak kami pandang, seperti yg sudah kami jelaskan sebelumnya. Posisi kabel di tengah & tidak dapat dilepas, kami kembalikan ke preferensi pengguna. Jika mencari posisi kabel tidak di tengah & dapat dilepas, ya ada, & lebih murah dari keyboard ini. Namun kalau berbicara kualitas performa, removeable switch, & varian warna biru maupun pink, sepertinya tidak usah berpikir lagi untuk langsung memilih Rexus Legionare MX9. Jika warna kabel untuk varian warna keyboard pink & biru senada, sebenarnya akan lebih baik lagi.

    Jika kalian bukan penggemar warna biru atau pink, kami masih dapat merekomendasikan Rexus Legionare MX9. Hanya saja memang, ada opsi lain yg lebih menarik maupun lebih murah, khususnya varian warna hitam. Balik ke preferensi masing-masing. Dengan performa dari pemakaian selama satu bulan yg oke, kalau kalian mencari warna pink atau biru dengan fitur removeable switch, kami merekomendasikan keyboard ini untuk kalian pinang.

    Dibanderol di harga resmi Rp 399.000 untuk varian warna hitam & Rp 409.000 untuk varian lain, Rexus Legionare MX9 dapat kalian beli di Rexus Official Store Tokopedia. Kamu dapat ikuti informasi terbaru & produk lain dari Rexus di Instagram, Facebook, Rexus.id, & Youtube mereka ya, guys.

    (Online/deJeer)

    ligafox

    Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *