oleh

Puan ingatkan pengawasan di Soetta ditingkatkan antisipasi COVID-19

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala BNPB Doni Monardo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengecek suasana H-1 Idul Fitri di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Rabu (12/5/2021) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) – Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan instansi & jajaran TNI/Polri yg bertugas pada masa peniadaan mudik Lebaran 2021 di Bandara Soekarno-Hatta untuk meningkatkan supervisi mengantisipasi adanya transmisi COVID-19 yg terjadi antara kota, antar negara.

“Saya minta kepada seluruh jajaran yg bertugas di Bandara Soetta ini langsung yg perdana pengendalian disiplin terkait protokol kesehatan itu harus dijaga,” mengatakan Puan saat meninjau kebijakan peniadaan mudik Lebaran H-1 di Bandara Soetta, Cengkareng, Tangerang, Rabu.

Puan mengingatkan supervisi disiplin protokol kesehatan tidak cuma dilakukan di masa peniadaan mudik lebaran saja, tetapi selama pandemi COVID-19 masih terjadi.

Menurut dia, Bandara Soetta jadi objek vital yg perlu diawasi secara ketat untuk mengendalikan COVID-19 mencegah terjadinya transmisi, terlebih pada momen mudik lebaran.

“Bandara Soetta akan jadi tempat penting, vital dalam kita mengendalikan COVID- 19, apakah transmisi virus dari kota ke kota, dari negara ke negara itu nanti masuk ke Indonesia atau tidak tergantung dari salah satunya mengendalikannya adalah di Bandara Soetta,” ujarnya.

Baca juga: Puan: Jangan hingga “kecolongan” penularan COVID-19 dari bandara

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut juga mengingatkan supaya peristiwa di Bandara Kualanamu Medan, terkait pemeriksaan antigen bekas tidak terjadi lagi.

Apa yg terjadi di Bandara Medan, lanjut Puan, adalah tindakan yg merugikan masyarakat.

“Ini tentu saja harus kita waspadai kita antisipasi & preventif,” ujarnya.

Puan juga meminta petugas mengantisipasi arus balik dengan melaksanakan tes antigen secara acak.

Semua jajaran harus bergerak solid guna mengantisipasi apabila ada penumpang yg terindikasi positif maka penanganannya harus benar & cepat.

Baca juga: Puan akan tinjau pelaksanaan larangan mudik di Bandara Soetta

“Apa yg selanjutnya ditindaklanjuti itu tentu saja perlu prosedur yg betul & dilakukan secara solid jangan hingga ada yg positif kemudian tidak kita segera antisipasi,” mengatakan Puan.

Puan menambahkan, pada H-1 Lebaran suasana di Bandara Soetta sudah menurun. Data dari Kementerian Perhubungan menyebutkan terjadi penurunan jumlah penumpang mencapai 90 persen.

Hari biasanya di Bandara Soetta memberangkatkan calon penumpang sekitar 50 ribu hingga 90 ribu per harinya. Kini cuma sekitar 10 persennya saja.

“Dari laporan yg saya terima dari Pak Menteri Perhubungan memang kondisi penumpang menjelang peniadaan mudik ini sangat turun hingga mungkin yg ada juga tadi sudah dilaporkan kurang lebih 10 persen dari biasanya,” mengatakan Puan.

Puan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala BNPB Doni Monardo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau pelaksanaan kebijakan peniadaan mudik lebaran pada H-1 di Bandara Soetta.

Baca juga: Puan minta pelarangan mudik tidak ganggu distribusi logistik Lebaran

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2152558/puan-ingatkan-pengawasan-di-soetta-ditingkatkan-antisipasi-covid-19

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *