oleh

Presiden tegaskan Indonesia mengutuk pengusiran paksa rakyat Palestina

Arsip-Presiden Jokowi tegaskan dukungan untuk Palestina di Sidang PBB (ANTARA/HO/Biro Pers Setpres)

Indonesia mengutuk tindakan tersebutJakarta (ANTARA) – Presiden RI Joko Widodo menegaskan Indonesia mengutuk pengusiran paksa warga Palestina dari Syeikh Jarrah, Yerusalem Timur.

Penegasan itu dihinggakan Presiden Jokowi melalui akun Twitter @jokowi yg dikutip, di Jakarta, Senin.

“Pengusiran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, & penggunaan kekerasan kepada warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa tidak boleh diabaikan. Indonesia mengutuk tindakan tersebut,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden mengatakan Indonesia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yg dilakukan oleh Israel.

Kepala Negara menegaskan Indonesia akan terus berpihak pada rakyat Palestina.

Seperti dilaporkan, warga Palestina yg melempar batu & polisi Israel yg menembakkan granat kejut, terlibat bentrok di luar Masjid Al-Aqsa pada hari Senin, dalam kekerasan yg sedang berlangsung di Yerusalem hingga menimbulkan kekhawatiran internasional.

Ketegangan di kota itu sangat tinggi ketika Israel memperingati “Hari Yerusalem”, yaitu seremoni tahunan perebutan Yerusalem Timur, & Kota Tua bertembok yg merupakan rumah bagi tempat-tempat suci Muslim, Yahudi, & Kristen, dalam Perang 1967.

Al-Aqsa, situs tersuci ketiga umat Islam, sudah jadi titik utama kekerasan di Yerusalem pada puncak bulan suci Ramadhan.

Dalam upaya untuk meredakan ketegangan, polisi Israel mengatakan mereka sudah melarang kelompok-kelompok Yahudi mengerjakan kunjungan Hari Yerusalem ke alun-alun suci yg jadi rumah bagi Masjid Al Aqsa.

Polisi juga sedang mempertimbangkan apakah akan mengubah rute pawai tradisional Hari Yerusalem –saat biasanya ribuan pemuda Yahudi mengibarkan bendera Israel berjalan melalui Gerbang Damaskus Kota Tua & kawasan Muslim.
Baca juga: PKS apresiasi pidato Presiden Jokowi di Sidang Umum PBB
Baca juga: Presiden Jokowi tegaskan dukungan untuk Palestina di Sidang PBB

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2149282/presiden-tegaskan-indonesia-mengutuk-pengusiran-paksa-rakyat-palestina

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *