oleh

Presiden AS Perintahkan Investigasi Untuk Selidiki Krisis Semikonduktor yg Pengaruhi Produksi PS5 & Xbox Series X/S

Kekurangan pasokan semikonduktor menciptakan ekonomi Amerika Serikat (AS) & global tersendat & menjalar ke berbagai sektor, termasuk sektor konsol gaming.

IDGS, Kamis, 25 Februari 2021 Fenomena kurangnya pasokan bahan baku semikonduktor karena pandemi COVID-19 yg sudah menjalar ke berbagai sektor penopang ekonomi menciptakan presiden baru AS, Joe Biden, sudah resmi menandatangani perintah eksekutif untuk mengatasi masalah pasokan pada empat produk kunci dalam mata rantai industri berteknologi tinggi pada Rabu (24/2/2021) atau Kamis (25/2/2021) waktu Indonesia.

Salah satu produk kunci itu adalah semikonduktor, salah satu bahan baku utama dalam produksi chip komputer & konsol gaming.

beincash

BacaJuga

Masaaki Yamagiwa Tinggalkan SIE Japan Studio Akhir Februari

Square Enix Umumkan Ekspansi Terbaru FF 14, Endwalker yg Akan Membawa Pemain ke Bulan!

Demo dari Resident Evil: Village Tersedia Mulai Hari Ini di PS5!

Krisis pasokan semikonduktor mengancam produksi PS5 & Xbox Series X/S tersendat. (Gambar: Sony/Microsoft)

Perintah eksekutif Gedung Putih itu memerintahkan pemerintahan federal untuk mengadakan peninjauan 100 hari akan rantai pasokan empat kategori produk kunci: Farmasi, mineral-mineral penting, semikonduktor, & baterai berkapasitas besar.

Kekurangan pasokan semikonduktor global menciptakan produksi industri otomotif & smarthpone di penjuru dunia tersendat, & ini mengakibatkan akibat langsung ke ekonomi karena roda perekonomian berputar lebih lambat dari semestinya.

Di sisi lain, meski COVID-19 jadi faktor utama tersendatnya pasokan semikonduktor yg juga berimbas pada kapasitas produksi konsol next-gen seperti PlayStation 5 & Xbox Series X/S. fenomena pasar untuk kedua konsol itu juga berperan besar.

im-303889-1614308647

Presiden AS Joe Biden saat menandatangani perintah eksekutif untuk menginvestigasi krisis semikonduktor & 3 kategori produk kunci lainnya pada Rabu (24/2/2021) waktu AS atau Kamis (25/2/2021) WIB. (Foto: AFP via GETTY IMAGES)

Tingginya permintaan yg sangat timpang dengan suplai barang (PS5 & Xbox Series X/S) juga jadi faktor penting. Belum lagi tingkah para tengkulak yg memborong kedua konsol next-gen dari Sony & Microsoft itu dalam jumlah besar, lalu menjualnya kembali dengan harga yg jauh lebih tinggi dari aslinya.

Kelakuan para tengkulak konsol gaming tak bertanggungjawab itu menciptakan banyak orang kehilangan kesempatan mendapatkan konsol impian mereka, sekalipun mereka memiliki kemampuan untuk membelinya.

Fenomena tengkulak konsol itu juga menciptakan Sony & Microsoft menyatakan akan menambah kapasitas produksi konsol next-gen mereka dalam beberapa bulan ke depan demi memerangi ulah para tengkulak konsol ini. Namun dengan terjadinya fenomena kekurangan pasokan semikonduktor yg merupakan bahan baku utama dari chip konsol, strategi kedua produsen konsol itu masih diragukan.

(Stefanus/Online)

ligafox

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *