oleh

Pengamat apresiasi pemakaian baju adat Suku Badui oleh Presiden Jokowi

Slot SimakNews.com – Pengamat apresiasi pemakaian baju adat Suku Badui oleh Presiden Jokowi,

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR Tahun 2021 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021). ANTARA FOTO/Sopian/Pool/wpa/aww. (ANTARA FOTO/SOPIAN)

Jakarta (ANTARA) – Pengamat politik Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti mengapresiasi pemakaian baju adat Suku Badui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Tahunan MPR RI di Gedung MPR/DPR, Jakarta.

“Saya bahagia & berterima kasih kepada presiden memakai baju (pakaian adat Suku Badui) itu,” mengatakan Ray saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Menurutnya, pemakaian baju adat Suku Badui oleh kepala negara mengingatkan semua pihak atas permasalahan yg saat ini dialami oleh Suku Badui & seluruh masyarakat adat di Indonesia.

Lebih lanjut, Ray berharap supaya simbol yg ditampilkan Presiden Jokowi itu tidak berhenti begitu saja. Di saat bersamaan, harus ada kebijakan yg lebih tegas untuk memberi proteksi bagi hak masyarakat adat seperti terkait lingkungan hidup & kepercayaan memegang teguh tradisi melalui regulasi yg spesifik.

Baca juga: Presiden kenakan pakaian adat Suku Baduy di Sidang Tahunan MPR
Baca juga: Alasan Jokowi pilih pakaian adat Baduy: Sederhana & nyaman dipakai
Baca juga: KSP: Presiden tepis stigma negatif Suku Baduy

“Tradisi mereka semestinya dijamin Undang-Undang (UU), bukan cuma peraturan tetapi UU,” mengatakan Ray menegaskan.

Dengan simbol melalui pakaian adat Suku Badui yg dikenakan, Ray juga mengharapkan Presiden Jokowi dapat menginisiasi untuk melahirkan UU yg secara komprehensif melindungi suku-suku serta masyarakat adat yg terus memelihara tradisinya & di saat yg sama dapat mengatur proteksi kepada lingkungan tempat mereka hidup.

Sebelumnya, Presiden Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Suku Badui berwarna hitam-hitam dengan lencana merah putih di dada sebelah kiri saat Sidang Tahunan MPR RI & Sidang Bersama DPR RI & DPD RI Tahun 2021, Senin (16/8).

Dia mengenakan kain ikat kepala berwarna biru, sandal berwarna hitam, & dilengkapi dengan tas rajut berwarna cokelat yg diselempangkan di bahu kiri.

Presiden Jokowi juga menjelaskan alasan dibalik pakaian adat Suku Badui yg dia kenakan dalam pidato kenegaraan yg dihinggakannya.

“Busana yg saya pakai ini adalah pakaian adat Suku Badui. Saya suka karena desainnya yg sederhana, ‘simpel’ & nyaman dipakai,” mengatakan kata Presiden Jokowi.

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2330618/pengamat-apresiasi-pemakaian-baju-adat-suku-badui-oleh-presiden-jokowi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *