oleh

Pemuda Muhammadiyah: Tegakkan protokol kesehatan shalat Idul Fitri

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda (PP) Muhammadiyah, Sunanto. ANTARA/Muhammad Zulfikar/am.

Kita tidak mau Indonesia seperti India yg sudah terkena tsunami COVID-19. Hindari kerumun, silaturahmi Lebaran sedapat mungkin kita hindari pertemuan fisikJakarta (ANTARA) – Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah mengimbau seluruh umat Muslim di Tanah Air supaya disiplin menegakkan protokol kesehatan saat penyelenggaraan shalat Idul Fitri 1442 hijriah.

“PP Pemuda Muhammadiyah mengimbau masyarakat yg akan melaksanakan shalat Idul Fitri untuk tetap memerhatikan & menegakkan protokol kesehatan, COVID-19 masih ada di sekitar kita, sayangi keluarga kita,” mengatakan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto melalui keterangan tertulis yg diterima di Jakarta, Rabu.

Ia mengkhawatirkan “tsunami COVID-19” sebagaimana yg terjadi di India juga dialami oleh Indonesia kalau tidak patuh pada penerapan protokol kesehatan.

“Kita tidak mau Indonesia seperti India yg sudah terkena tsunami COVID-19. Hindari kerumun, silaturahmi Lebaran sedapat mungkin kita hindari pertemuan fisik,” ujarnya.

Setelah sebulan berpuasa umat Islam akan merayakan hari kemenangan. Akan tetapi ada yg berbeda pada Idul Fitri kali ini karena masih dibayangi suasana pandemi COVID-19.

Sejatinya, seremoni Lebaran umat Islam diharuskan melaksanakan shalat Idul Fitri secara berjamaah & sudah jadi kebiasaan biasa masyarakat saling bersilaturahmi, berkunjung dari rumah ke rumah sanak saudara, teman, sahabat & tetangga terdekat.

Namun, hal tersebut saat kini harus menyesuaikan khususnya saat shalat Idul Fitri & ketika bersilaturahmi karena masih dalam masa pandemi COVID-19.

“Sebagai umat Islam, kita diperintahkan menghindari kemudaratan dibandingkan kemaslahatan. Oleh sebab itu, sedapat mungkin kita lebih baik di rumah & apabila terpaksa keluar rumah jangan lupa menegakkan protokol kesehatan,” mengatakan Sunanto.

Baca juga: Haedar sebut menaati protokol kesehatan wujud aktualisasi ketakwaan
Baca juga: PP Muhammadiyah tetapkan Idul Fitri jatuh pada Kamis 13 Mei

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2153422/pemuda-muhammadiyah-tegakkan-protokol-kesehatan-shalat-idul-fitri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *