oleh

Panglima TNI resmikan pembangunan Markas Komado Tempur Laut di Natuna

Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meletakkan batu perdana sebagai tanda resminya pembangunan Markas Komando Gugus Tempur Laut Komando Armada I di Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (6/4/2021). ANTARA/HO-SMIN Panglima TNI

Jakarta (ANTARA) – Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meletakkan batu perdana sebagai tanda meresmikan pembangunan Markas Komando Gugus Tempur Laut Komando Armada I di Natuna, Kepulauan Riau, Selasa.

beincash

Markas komando yg akan jadi bagian dari Komando Pelaksana Operasi Tempur di kawasan barat Indonesia, juga nantinya berfungsi sebagai Posko Keamanan Laut Terintegrasi. Pembangunan Markas Komando tersebut juga jadi bagian dari penguatan Satuan TNI Terintegrasi di Natuna, daerah paling utara di Selat Karimata yg jadi titik perbatasan antara Indonesia, Singapura, Vietnam, & Kamboja.

“Mandala (wilayah) Natuna berkarakter maritim sehingga keberadaan Markas Komando Gugus Tempur Laut I di sini diharapkan dapat memperkokoh kemampuan interoperabilitas (kerja sama) kekuatan laut & udara TNI di domain maritim,” ujar Panglima TNI saat upacara peletakan batu.

Dalam acara peresmian mulainya pembangunan markas komando itu, Hadi hadir bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo & Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Dalam kesempatan itu, Panglima turut memberi apresiasi kepada TNI Angkatan Laut atas keterlibatan-nya membangun berbagai infrastruktur pertahanan di Natuna, salah satu daerah terluar & terdepan Indonesia.

Natuna merupakan kepulauan yg terdiri dari 272 pulau di wilayah paling utara Selat Karimata, yaitu berada di antara Pulau Sumatera & Pulau Kalimantan. Walaupun demikian, secara administratif, Natuna merupakan kabupaten yg berada di bawah naungan Provinsi Kepulauan Riau.

Baca juga: 558 anggota TNI/Polri di Natuna disuntik vaksin COVID-19 AstraZeneca

Baca juga: Panglima TNI: KRI Alugoro-405 wujud kawan strategis Indonesia-Korsel

Natuna, menurut Panglima TNI, merupakan wilayah Indonesia yg strategis, karena tidak cuma berbatasan langsung dengan Laut China Selatan, tetapi juga jadi pangkalan terdepan bagi TNI untuk memetakan kekuatan angkatan bersenjata Indonesia.

Kegiatan peletakan batu untuk pembangunan markas komando itu merupakan bagian dari agenda kunjungan Panglima TNI ke Natuna.

Panglima TNI dalam kunjungannya di Natuna juga meresmikan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Alugoro-405 di Dermaga Selat Lampa. Ia juga mengukuhkan Letkol Laut (P) Ahmad Noer Taufik sebagai komandan perdana KRI Alugoro-405.

Tidak cuma itu, Marsekal TNI Hadi Thahjanto juga meninjau langsung kegiatan vaksinasi massal untuk 558 anggota TNI/Polri yg bertugas di Natuna.

Acara itu, yg dinamakan Serbuan Vaksinasi, berlangsung di Hanggar Integratif Lanud Raden Sajad.

Baca juga: Kepala staf TNI AL resmikan stasiun bantu kapal selam di Natuna

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2085134/panglima-tni-resmikan-pembangunan-markas-komado-tempur-laut-di-natuna

ligafox

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *