oleh

Nostalgia Hari Ini: Ezra Walian Bersumpah Setia kepada Indonesia

Dok. PSSI

Slot Informasi, Indonesia – Hari ini, empat tahun lalu mungkin jadi hari yg sangat spesial buat Ezra Walian. Sebab, pada 18 Mei 2017, Ezra membulatkan pilihannya dengan bersumpah loyal jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Lahir di Belanda, Ezra memang memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Glen Walian. Sudah beberapa kali jebolan Jong Ajax itu menyatakan keharapannya membela tanah leluhurnya dibanding memilih Belanda. Bak gayung bersambut, keharapan Ezra itu pun dibantu sejumlah pihak, termasuk PSSI.

Ezra sendiri sebenarnya sudah menjalani debut bersama timnas Indonesia saat menghadapi Myanmar pada uji coba di Stadion Patriot, Maret 2017. Saat itu Ezra bermain cuma bermodalkan Keputusan Presiden (Keppres) yg diteken Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Namun, untuk tampil bersama timnas Indonesia di ajang resmi seperti SEA Games, Piala AFF, & lainnya, Ezra harus terlebih dulu merampungkan proses naturalisasi. Nah penantian pemain yg kini membela Persib Bandung itu akhirnya terbayar pada Kamis, 18 Mei 2017. Mantan pemain PSM Makassar itu mengerjakan pengambilan sumpah di Kantor Kemenkumham, Jakarta.

Mochamad Iriawan Soal Yudha Febrian: Itu Sudah Karakter!Mochamad Iriawan Soal Yudha Febrian: Itu Sudah Karakter!

“Sekarang saya sangat bahagia karena sudah resmi jadi warga negara Indonesia. Saya juga merasa bangga setelah jadi orang Indonesia. Saya harap dapat jadi seseorang buat timnas & memberikan sesuatu buat negara ini,” ujar Ezra Walian.

“Target saya, Anda tahu, untuk jadi pemenang & saya akan mengerjakan yg terbaik. Saya juga berharap supaya skuat dapat mencapai tujuan & mempersembahkan trofi untuk Indonesia,” tambah dia.

Daftar slots onlin

Mochamad Iriawan Soal Yudha Febrian: Itu Sudah Karakter!

Roberto Martinez Tak Khawatir Dengan Kebugaran Eden Hazard

Angkut Mobil-mobilnya, Cristiano Ronaldo Tinggalkan Juventus?

Proses Panjang

Proses naturalisasi Ezra Walian terbilang sangat panjang. Kali perdana Ezra mengungkapkan keharapannya jadi WNI pada 2014 saat berjumpa mantan Menpora, Roy Suryo. Namun saat itu wacana naturalisasi Ezra menguap begitu saja.

Mochamad Iriawan Soal Yudha Febrian: Itu Sudah Karakter!Dok. Detik

Dua tahun berselang, wacana tersebut kembali diapungkan. Tepatnya pada Desember 2016, Ezra menyatakan sendiri keharapannya untuk mengubah status kewarganegaraannya dari Belanda jadi Indonesia.

Hingga akhirnya pada Januari 2017, Kemenpora membawa rencana naturalisasi Ezra kepada Presiden Jokowi. Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto saat itu memimpin program naturalisasi Ezra.

Mochamad Iriawan Soal Yudha Febrian: Itu Sudah Karakter!Mochamad Iriawan Soal Yudha Febrian: Itu Sudah Karakter!Dok. Antara

Pelatih baru Timnas Indonesia, Luis Milla pun kesengsem dengan aksi Ezra. Dia ikut dalam seleksi & akhirnya terpilih jadi bagian dari skuat Timnas U-22 Indonesia yg akan mentas di SEA Games 2017.

Komisi X DPR RI pun pada 16 Maret 2017 menyatakan persetujuan proses naturalisasi Ezra & sang ayah. Keppres dari Presiden Jokowi pun turun pada 20 Maret hingga akhirnya Ezra resmi disumpah 18 Mei 2017.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *