oleh

Nostalgia Hari Ini: Aberdeen Asuhan Ferguson Pecundangi Madrid

Share

Slot Informasi, Indonesia – Bicara soal Alex Ferguson tidak melulu soal Manchester United. Ada Aberdeen yang mengawali kebesarannya sebagai pelatih tersukses dunia.

Lahir danbesar di Skotlandia, Alex Ferguson mengawali semuanya di sana. Ia sudah menjadipelatih sejak 1974 sebagai juru latih East Stirling hingga St Mirren. Empat tahunberselang Fergie menerima pinangan Aberdeen.

Di sanalah semua berawal. Di Skotlandia, tak ada yg lebih hebat dibanding Rangers maupun Celtic. Tapi bersama Ferguson, Aberdeen tiga kali merusak duopoli klub ibu kota.

Yabes Tanuri Pastikan Bali United akan Selalu Dukung Putusan PSSIYabes Tanuri Pastikan Bali United akan Selalu Dukung Putusan PSSIfootballwhispers.com

Cerita indahFerguson bersama Aberdeen tidak cuma harum di Liga Skotlandia. Di kompetisiEropa mereka berkibar bersama hingga memuncaki tangga juara.

Tepatnya pada1983 klub Skotlandia itu tampil di Piala Winners. Itu jadi kedua kalinya merekaberpartisipasi.

Akan tetapipada edisi perdana 1971 mereka gagal total. Klub sudah tersingkir sejak putaranpertama oleh wakil Hungaria, Budapest Honved.

Baca Juga

Prediksi: Atalanta vs Benevento

Janji yg Ditepati Fabrizio Castori bersama Salernitana

Trezeguet: Juventus Main Tidak Normal, Pemain Kebingungan

Sedangkan 1983 klub yg bermarkas di stadion Pittodrie melaju kencang. Bahkan tidak ada yg menyangka Eric Black dkk menembus babak final.

Klub Ketiga Skotlandia yg Juara Eropa

Di partaipuncak sudah ada Real Madrid yg menunggu. Di atas kertas mereka kalah segalanya.Madrid bergelimang bintang. Termasuk kursi nakhoda yg masih diduduki legendaterbesarnya, Alfredo Di Stefano.

Hari yg ditunggu-tunggu fan tiba. Final Piala Winners berlangsung pada 11 Mei 1983. Bertempat di stadion Ullevi di Gothenburg, Swedia, yg becek akibat hujan deras, laga berlangsung sengit.

Yabes Tanuri Pastikan Bali United akan Selalu Dukung Putusan PSSIdailymail.co.uk

Namun,derasnya hujan justru menciptakan Aberdeen tampil kesetanan. Laga baru berjalantujuh menit Eric Black berhasil mencetak gol. Real Madrid kemudian tersentakdan langsung membalas gol delapan menit berselang lewat penalti Juanito.

Dua golcepat itu rupanya bertahan hingga waktu normal. Tidak ada gol lagi yangtercipta selama 90 menit memaksa laga berlanjut hingga babak tambahan.

Di sinilahAlex Ferguson menunjukkan magisnya. Pergantian pemain yg dilakukan berbuahjitu. John Hewitt yg baru dimasukkan sukses memastikan kemenangan lewatgolnya di menit ke-112.

Menang 2-1 Aberdeen merengkuh trofi perdana Eropa. Kesuksesan ini sekaligus menjadikan mereka sebagai klub Skotlandia ketiga yg angkat piala di Eropa setelah Celtic & Rangers.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *