oleh

MPR inginkan Hari Konstitusi diperingati seluruh elemen bangsa

Slot SimakNews.com – MPR inginkan Hari Konstitusi diperingati seluruh elemen bangsa,

Peringatan Hari Konstitusi & Hari Ulang Tahun Ke-76 MPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu. (Imam Budilaksono)

Jakarta (ANTARA) – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengharapkan supaya Hari Konstitusi pada 18 Agustus, diperingati oleh seluruh elemen bangsa Indonesia, tidak cuma oleh MPR RI.

Hal itu menurut dia karena UUD 1945 sebagai konstitusi negara adalah dokumen hukum yg memuat cita-cita Indonesia merdeka, memuat falsafah bangsa yg jadi landasan dalam penyelenggaraan negara, serta memuat tujuan pembentukan pemerintah Negara Indonesia.

“Jika selama ini Hari Konstitusi cuma diperingati oleh MPR, untuk tahun-tahun berikutnya saya sungguh berharap diperingati juga oleh seluruh warga bangsa. Oleh pemerintah, oleh lembaga-lembaga negara, & oleh seluruh masyarakat Indonesia dalam satu rangkaian dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” mengatakan Bambang Soesatyo atau Bamsoet di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Hal itu dikatakan Bamsoet dalam sambutannya di peringatan Hari Konstitusi & Hari Ulang Tahun Ke-76 MPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Dia menegaskan bahwa konstitusi bukan cuma milik MPR namun milik semua rakyat Indonesia karena tidak ada negara tanpa konstitusi, tidak ada pemerintahan & lembaga negara tanpa konstitusi.

Baca juga: MPR: Hari Konstitusi momentum realisasikan cita-cita kemerdekaan
Baca juga: Wakil Ketua MPR ajak warga jaga konstitusi negara
Baca juga: Wapres minta MPR tak terdisrupsi konflik kepentingan, politik praktis

Bamsoet mengatakan cita-cita luhur bangsa Indonesia adalah tujuan yg harus sering diupayakan pencapaiannya.

“Rumusan pendiri bangsa yg dituangkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar jelas menegaskan, kemerdekaan merupakan gerbang awal untuk meneguhkan persatuan, menegakkan kedaulatan sepenuh-penuhnya, memastikan tegaknya keadilan bagi siapa pun, & mewujudkan kemakmuran untuk semua,” ujarnya.

Dia mengajak masyarakat tidak lupa bahwa tujuan pembentukan pemerintah negara Indonesia adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia & seluruh tumpah darah Indonesia; memajukan kesejahteraan umum; mencerdaskan kehidupan bangsa; & ikut melaksanakan ketertiban dunia yg berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi & keadilan sosial, dalam upaya mewujudkan Indonesia yg merdeka, bersatu, berdaulat, adil & makmur.

Karena itu dia berharap pemaknaan peringatan Hari Konstitusi yg tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan Hari Lahir MPR bukan cuma sebagai kegiatan seremonial namun jadi tanggung jawab sejarah untuk meneguhkan arah cita-cita Indonesia merdeka.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara virtual, para Pimpinan MPR RI, DPR RI, DPD RI, & pimpinan lembaga negara.

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2334322/mpr-inginkan-hari-konstitusi-diperingati-seluruh-elemen-bangsa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *