oleh

MK nilai soal identitas calon bupati Muna sudah selesai

-Umum-3 views

Hakim Konstitusi Saldi Isra di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (29/1/2021). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.

Jakarta (ANTARA) – Mahkamah Konstitusi menilai persoalan pergantian bukti diri calon bupati petahana Kabupaten Muna La Ode Muhammad Rusman Emba yg dipersoalkan pasangan La Ode M. Rajiun Tumada & La Pili sudah selesai.

beincash

Dalam sidang pengucapan putusan di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa, yg disiarkan secara daring, Hakim Konstitusi Saldi Isra mengatakan Mahkamah Konstitusi mempertimbangkan KPU Muna sudah mengerjakan verifikasi dokumen persyaratan pencalonan.

Kemudian Bawaslu Muna juga menerima laporan terkait masalah bukti diri itu & mengerjakan kajian dengan hasil tidak ditemukan pelanggaran kepada ketentuan peraturan perundang-undangan yg berlaku.

Selain itu, pemohon dinilai tidak memiliki kedudukan hukum karena selisih perolehan suara antara La Ode M. Rajiun Tumada-La Pili & La Ode Muhammad Rusman Emba-Bachrun melebih ambang batas dua persen.

Baca juga: 30 perkara sengketa hasil pilkada kandas di MK

Baca juga: MK tolak gugatan sengketa hasil Pilkada Bengkulu yg diajukan Agusrin

“Berdasarkan seluruh uraian pertimbangan hukum tersebut di atas, Mahkamah berpendapat kepada permohonan itu tidak terdapat alasan untuk menyimpangi ketentuan Pasal 158 UU 10/2016 yg berkaitan dengan kedudukan hukum pemohon sebagai syarat formil dalam mengajukan permohonan,” ujar Saldi Isra.

Untuk itu, permohonan itu dinilai tidak beralasan menurut hukum & diputus tidak dapat diterima oleh Mahkamah Konstitusi.

Dalam permohonannya, pemohon menilai pilkada Kabupaten Muna Tahun 2020 cacat hukum karena pergantian nama La Ode Muhammad Rusman Emba. Pemohon mendalilkan nama yg dituliskan dalam dokumen surat tanda tamat belajar (STTB) SMA dari SMAN 1 Raha adalah La Ode Muhammad Rusman Untung, tetapi dalam dokumen lainnya, seperti KTP, tertulis La Ode Muhammad Rusman Emba.

Menurut pemohon, perubahan resmi nama tersebut baru diketahui setelah adanya putusan Pengadilan Negeri Raha Nomor 20/Pdt.P/2020/PNRah yg ditetapkan pada tanggal 24 September 2020 atau satu hari setelah SK KPU Muna tentang penetapan pasangan calon nomor urut 1 ditetapkan.

Baca juga: Perkara sengketa hasil Pilkada Medan gugur

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2003785/mk-nilai-soal-identitas-calon-bupati-muna-sudah-selesai

ligafox

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *