27670 tio pakusadewo sata akan digelandang ke kejari jaksel dari polda metro jaya selasa 342018 sua -
in

Minta Diperlakukan Sama, Pengacara Tio Pakusadewo Ungkit Kasus Raffi Ahmad

Tio Pakusadewo sata akan digelandang ke Kejari Jaksel dari Polda Metro Jaya, Selasa (3/4/2018). [suara.com/Wahyu]

“Bahwa dakwaan dari JPU tidak sesuai dengan fakta hukum,” mengatakan kuasa hukum Tio Pakusadewo.

Simaknews.com – Tim kuasa hukum terdakwa aktor senior Tio Pakusadewo mengungkit kasus narkoba yg pernah menjerat Raffi Ahmad pada 2013. Hal tersebut diungkap dalam sidang pembacaan eksepsi atau nota keberatan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (13/10/2020).

Advertisements

Bukan tanpa sebab kuasa hukum Tio, Santrawan T Paparang, menyinggung kasus Raffi di persidangan. Dia keberatan kliennya belum juga direhabilitasi, padahal hasil assessment sudah menyatakan sebagai pecandu berat.

Sementara Raffi dulu diputuskan untuk direhabilitasi. Santrawan minta harus ada perlakuan yg sama antara Tio Pakusadewo & Raffi Ahmad.

“Bahwa masih sangat hangat dalam ingatan kita bersama kepada kasus narkotika yg menimpa seniman Raffi Ahmad pada Tahun 2013 yg lalu, Badan Narkotika Nasional (BNN) mengirim seniman Raffi Ahmad ke Lido Bogor Jawa Barat untuk menjalani Rehabilitasi,” mengatakan Santrawan.

Baca Juga: Kuasa Hukum Protes Kenapa Tio Pakusadewo Belum Juga Direhabilitasi

55944 sidang virtual kasus narkoba yang menjerat tio pakusadewo suaracomevi ariska 1602605080 -Sidang virtual kasus narkoba yg menjerat Tio Pakusadewo [Simaknews.com/Evi Ariska]

Bahkan Santrawan menilai, kliennya jauh lebih membutuhkan pengobatan rehabilitasi ketimbang Raffi.

“Dan ketika itu Kepala Deputi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kusnan Suriahkusuma menjelaskan ada 2 (dua) tipe orang yg layak di masukkan ke dalam Pusat Rehabilitasi. Pertama adalah orang-orang yg direhab karena mendatangani tempat itu sendiri,” ujarnya.

“Kemudian yg kedua adalah mereka yg di masukkan ke dalam Lido karena tersangkut masalah hukum. Sehingga meskipun orang tersebut enggan di rehab, namun demi kebaikannya maka Badan Narkotika Nasional (BNN) tetap memasukan- nya ke Lido,” katanya lagi.

Lebih lanjut mengatakan Santrawan, Tio masuk tipe ke-2. Sebab dia bilang sudah jelas kliennya dinyatakan sebagai pecandu akut narkoba.

“Namun pihak Dirtres Narkoba Polda Metro Jaya tidak melaksanakan hal itu maka ini dapat dikatakan pihak Polda sudah melanggar kode etik Polri,” katanya.

Baca Juga: Waduh! Nama Raffi Ahmad Disebut Dalam Sidang Kasus Narkoba Tio Pakusadewo

Santrawan berharap esksepsinya tersebut dapat jadi pertimbangan majelis hakim untuk membatalkan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Eksepesi di atas semuanya menguji dakwaan dari JPU. Bahwa dakwaan dari NPU tidak sesuai dengan fakta hukum,” katanya.

Tio Pakusadewo kembali ditangkap polisi terkait kasus penyalahgunaan narkoba pada 14 April 2020, di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Dalam penangkapan itu, polisi mengamankan barang bukti berupa ganja seberat 18 gram & alat hisap sabu alias bong.

Sebelumnya Tio juga pernah ditangkap Desember 2017. Aktor berusia 56 tahun itu ditangkap polisi karena penyalahgunaan narkotika tipe sabu.

Tio melalui kuasa hukum sudah mengajukan assessment supaya direhabilitasi. Polisi juga sudah menerima hasil assessment dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta setelah mengerjakan pemeriksaan kepada Tio Pakusadewo bulan Mei lalu.

10501 raffi ahmad dan nagita slavina 1602605082 -Raffi Ahmad & Nagita Slavina. (Instagram/@raffinagita1717)

Hasil assessment tersebut diberikan BNNP DKI Jakarta ke Polda Metro Jaya setelah Lebaran lalu. Hasil assessment menyebutkan, Tio perlu rehabilitasi medis & sosial sesuai ketentuan yg berlaku dengan tidak mengabaikan proses hukum yg berjalan.

Di persidangan, Tio Pakusadewo didakwa pasal 114 Ayat 1 UU No.35 tahun 2009, pasal 111 Ayat 1 UU No.35 tahun 2009 & pasal 127 Ayat 1 UU No.35 tahun 2009.

12

Report

What do you think?

624 points
Upvote Downvote

Written by Agen Slot

Agen Slot Online Terbaru 2020

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0