oleh

Mau Vaksinasi Covid-19 Secara Mandiri? Siapkan Duit Segini…

Online – Kementerian sudah menetapkan harga tertinggi untuk perusahaan yg mau mengerjakan vaksinasi Covid-19 secara mandiri. Harga ini spesifik untuk vaksin tipe Sinopharm dengan pembelian melalui Bio Farma.

Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021 tentang penetapan harga vaksin gotong royong tipe Sinopharm melalui PT Bio Farma.

Dalam Beleid, Menteri Kesehatan, Budi Sadikin menetapkan harga vaksinasi Covid-19 gotong royong tiap dosisnya, dengan tarif pelayanannya.

“Harga pembelian vaksin sebesar Rp321.660 (tiga ratus dua puluh satu ribu enam ratus enam puluh rupiah) per dosis; & tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp117.910 (seratus tujuh belas ribu sembilan ratus sepuluh rupiah) per dosis,” terangnya.

Harga yg sudah ditetapkan itu spesifik untuk vaksin tipe Sinopharm dengan pembelian kepada Bio Farma. Tarif tersebut merupakan harga tertinggi per takaran vaksin, serta tarif maksimal di pelayanan vaksinasi di daerah-daerah.

Dikatakan kemudian, besaran tarif juga dilakukan dengan pendampingan dari beberapa kementerian terkait.

“Besaran harga pembelian vaksin sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU huruf a ditetapkan setelah mendapatkan pandangan atau pendampingan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman & Investasi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Badan Pengawasan Keuangan & Pembangunan, ahli/akademisi/profesi, dan/atau aparat penegak hukum,” lanjutnya.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi gotong royong sudah dapat dimulai pada hari ini, 17 Mei 2021. Ada 2 tipe vakin yg dipakai, yakni Sinopharm & CanSino. Namun saat ini masih Sinopharm yg dipakai terlebih dahulu.

Tidak ada disparitas dalam pemberian vaksinasi Covid-19 secara berdikari ataupun prioritas pemerintah selain adanya biaya yg dibebankan pada perusahaan. Pelaksanaan vaksinasi masih dengan 2 takaran dengan rentang waktu yg sesuai saat vaksinasi perdana & kedua.

Untuk diketahui, vaksinasi gotong royong merupakan vaksinasi untuk karyawan/karyawati, keluarga & perseorangan lain dalam keluarga yg dananya dibebankan pada badan hukum atau usaha. Sehingga penerima vaksin tak dipungut biaya alias gratis. Melainkan perusahaan yg harus membayar vaksinasi tersebut. (wartabromo.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *