Ledakan besar mengguncang Beirut, Melukai Ribuan Seluruh Ibukota Lebanon
Ledakan menyebabkan kerusakan parah.
in

Ikut sedihIkut sedih

Ledakan besar mengguncang Beirut, Melukai Ribuan Seluruh Ibukota Lebanon

SimakNews.com – Ledakan besar mengguncang Beirut. Sebuah ledakan besar melanda Beirut tengah pada hari Selasa, melukai ribuan orang dan meledakkan jendela di gedung-gedung di seluruh kota.

Ledakan di dekat pelabuhan di ibukota Lebanon itu mengirimkan gelombang kejut berbentuk awan besar jamur, membalik mobil dan merusak bangunan yang jauh. Terasa sejauh Siprus, ratusan mil jauhnya.

Advertisements

Setidaknya 25 orang tewas dalam ledakan itu dan lebih dari 2.500 orang terluka, kata Menteri Kesehatan Hamad Hassan kepada wartawan.

Rekaman dari tempat kejadian menangkap orang-orang terluka yang terhuyung-huyung melewati jalan-jalan di ibukota; dan ambulan, mobil dan kendaraan militer yang penuh dengan korban luka. Seorang saksi mata menggambarkan adegan itu “seperti kiamat.”

Ada laporan yang saling bertentangan tentang apa yang menyebabkan ledakan itu, yang pada awalnya disalahkan pada kebakaran besar di sebuah gudang untuk petasan di dekat pelabuhan, menurut NNA. Direktur direktorat keamanan umum kemudian mengatakan ledakan itu disebabkan oleh “bahan peledak tinggi” yang disita, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Awan merah menggantung di atas kota setelah ledakan ketika tim pemadam kebakaran bergegas ke tempat kejadian untuk mencoba memadamkan api. Setidaknya 10 petugas pemadam kebakaran hilang, menurut gubernur kota Marwan Abboud, yang mengatakan adegan itu mengingatkannya pada “Hiroshima dan Nagasaki.”

Baca : Sinopsis Film Alas Pati, Nikita Willy Dkk Hadapi Teror Di Hutan

“Dalam hidupku aku belum melihat kehancuran pada skala ini,” kata Abboud. “Ini adalah bencana nasional.”

Ledakan itu terjadi pada saat yang menegangkan di Libanon. Pada hari Jumat, sebuah panel yang didukung PBB diperkirakan akan mengeluarkan vonis atas pembunuhan mantan perdana menteri Rafik Hariri tahun 2005, sebuah langkah yang banyak dikhawatirkan akan memicu ketegangan sektarian. Negara ini juga berada di tengah-tengah krisis ekonomi, dengan pengangguran yang membengkak, mata uang tank dan tingkat kemiskinan melonjak di atas 50%.

Ledakan besar mengguncang Beirut, Melukai Ribuan Seluruh Ibukota Lebanon
Lokasi Ledakan

Rumah sakit tergenang
Adegan-adegan kacau memenuhi rumah sakit-rumah sakit di Beirut hari Selasa ketika para dokter melakukan triase pada puluhan orang yang terluka. Beberapa patah anggota badan, yang lain dihujani pecahan kaca. Beberapa pasien tidak sadarkan diri.

Bangsal darurat dibanjiri dengan yang terluka. Salah satu rumah sakit utama Beirut, Hotel Dieu, menerima sekitar 400 pasien yang terluka, kata seorang karyawan kepada CNN.

Pusat Medis Universitas Amerika Beirut tidak dapat menerima lebih banyak pasien, sebagian karena kerusakan akibat ledakan, menurut media pemerintah.

Sekretaris Jenderal Partai politik Kataeb, Nazar Najarian, meninggal setelah terluka dalam ledakan itu, media pemerintah Libanon NNA melaporkan. Dia berada di kantornya ketika ledakan terjadi.

Ledakan itu merusak bangunan di seluruh kota, termasuk kediaman resmi presiden Libanon, markas mantan Perdana Menteri Saad Hariri, dan biro CNN di pusat kota Beirut. Rumah sejauh 10 kilometer rusak, menurut saksi mata.

Seorang warga Beirut yang beberapa kilometer jauhnya dari lokasi ledakan mengatakan jendelanya telah hancur oleh ledakan. “Apa yang saya rasakan adalah gempa bumi,” kata Rania Masri kepada CNN.

“Apartemen itu bergetar secara horizontal dan tiba-tiba rasanya seperti ledakan dan jendela dan pintu terbuka. Kacanya pecah. Begitu banyak rumah yang rusak atau hancur.”

View this post on Instagram

IS EVERYONE SAFE?

A post shared by Widad Taleb (@widadstaleb) on

“Anda dapat melihat orang-orang yang terluka di jalan-jalan di Beirut, kaca di semua tempat, mobil rusak, itu seperti kiamat,” kata Bachar Ghattas, saksi mata lainnya.

“Sangat, sangat menakutkan apa yang terjadi sekarang, dan orang-orang ketakutan. Layanan darurat kewalahan,” kata Ghattas kepada CNN. “Pelabuhan Beirut hancur total.”

Duka dunia
Para pemimpin dunia segera menyatakan belasungkawa mereka di tengah tragedi yang sedang berlangsung.

Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi memanggil timpalannya dari Libanon Charbel Wahbeh untuk mengatakan bahwa “warga Yordania mendukung Lebanon dan saudara-saudara Lebanonnya dan siap menawarkan bantuan apa pun yang mereka butuhkan,” katanya dalam sebuah tweet.

Ledakan besar mengguncang Beirut, Melukai Ribuan Seluruh Ibukota Lebanon
Kondisi Beirut Pasca Ledakan

“Pikiran saya tertuju pada orang-orang #Lebanon dan dengan keluarga para korban #BeirutBlast yang tragis,” kata Presiden Dewan Eropa Charles Michel dalam sebuah tweet. “Uni Eropa siap memberikan bantuan dan dukungan.”

Duta Besar Amerika Serikat di Libanon, Dorothy Shea, menyatakan “simpati yang tulus” kepada para korban dan keluarga mereka setelah “menyaksikan ledakan mengerikan di Pelabuhan,” katanya dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di Twitter.

 

“Kami berduka setiap kehilangan akibat tragedi mengerikan ini bersama rakyat Lebanon,” tambah Duta Besar AS.

Ledakan besar mengguncang Beirut, Melukai Ribuan Seluruh Ibukota Lebanon
Lokasi Ledakan

Sumber : CNN

Report

What do you think?

888 points
Upvote Downvote

Written by Hari Kamis

Belajar dari hari kamis yang dapat memberikan keindahan setiap minggu nya, yaitu malam Jumat!

Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0