oleh

Lagu Indonesia Raya: Sejarah, Pencipta, Sikap Khusus, Fakta Menarik

Slot SimakNews.com – Lagu Indonesia Raya: Sejarah, Pencipta, Sikap Khusus, Fakta Menarik,

Lagu Indonesia Raya: Sejarah, Pencipta, Sikap Khusus, Fakta Menarik – Pengunjung mengambil gambar duplikat biola milik WR Supratman yg dipajang di Museum WR Supratman di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/2). [ANTARA FOTO/Zabur Karuru]

Selain sejarahnya, kalian juga perlu tahu fakta menarik Lagu Indonesia Raya yg diciptakan oleh W.R. Supratman

Simaknews.com – Seperti yg sudah diketahui bersama, bahwa Lagu Indonesia Raya merupakan lagu kebangsaan Republik Indonesia. Nah, seperti apa sejarah Lagu Indonesia Raya?

Mungkin beberapa orang & termasuk Anda belum tahu bahwa Lagu Indonesia Raya ini sempat dilarang oleh Belanda. Untuk itu, anda perlu menyimak sejarah Lagu Indonesia Raya & fakta-fakta menarik yg dirangkum Suara.com dari berbagai sumber berikut ini.

Pencipta Lagu Indonesia Raya

Siapa pencipta Lagu Indonesia Raya? Dia adalah Wage Rudolf Supratman atau yg diketahui sebagai WR Supratman. Bukan hanya, pejuang di garis depan medan pertempuran yg memiliki resiko tinggi.

Baca Juga: Pengendara di Persimpangan CSW Jaksel Berhenti Sejenak Nyanyikan Indonesia Raya

Ternyata pencipta Lagu Indonesia Raya, WR Supratman nyaris ditangkap. Lagu Indonesia Raya menggambarkan semangat & juga cita-cita para pejuang pergerakan kebangsaan yg harap terlepas dari belenggu para penjajah, sehingga dianggap sebagai ancaman oleh Belanda.

WR Supratman, menciptakan Lagu Indonesia Raya karena sebuah tulisan yg ia baca di majalah Timbul, yg menantang ahli-ahli musik Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan. Pada tahun 1924, lahirlah Lagu Indonesia Raya.

Pengunjung masuk ke dalam Museum WR Supratman di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/2). [ANTARA FOTO/Zabur Karuru]

Sejarah Lagu Indonesia Raya

Saat perdana kali diperdengarkan di Kongres Pemuda Kedua pada hari Minggu (28 Oktober 1928), lagu Indonesia Raya dianggap sebagai lagu perkumpulan biasa oleh Belanda. Melansir dari laman Museum Sumpah Pemuda, pada saat itu para peserta kongres sedang duduk beristirahat setelah berpindah dari gedung Java Oost Bioscoop ke gedung Indonesische Glubsgebouw.

Mereka tengah beristirahat setelah mendengarkan pidato Sunario & Ramelan Djojoadigoeno mengenai kepanduan, sembari menunggu putusan yg sedang dirumuskan oleh Mohammad Yamin. Pada saat itulah WR Supratman meminta izin untuk memperdengarkan lagu ciptaannya, yaitu Indonesia Raya, dihadapan peserta kongres.

Baca Juga: Bersiap Upacara Kemerdekaan, Simak Lirik Lagu Indonesia Raya Ini

Instrumental Lagu Indonesia Raya perdana kali dibawakan dalam Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928, yg kelak diketahui sebagai cikal bakal Hari Sumpah Pemuda.

Lagu Indonesia Raya Sempat Dilarang Dinyanyikan

Setelah dibawakan perdana kali di Kongres Pemuda II, Lagu Indonesia Raya kemudian semakin dikenal, karena akhirnya dinyanyikan dalam kesempatan-kesempatan besar. Ini menciptakan resah pihak Belanda.

Mereka takut kalau lagu tersebut akan membangkitkan semangat kemerdekaan. Oleh karena itu, pada 1930 lagu Indonesia Raya dilarang & tak boleh dinyanyikan dalam kesempatan apa pun.

Namun, setelah diprotes dari berbagai kalangan, pemerintah Hindia Belanda mencabutnya dengan syarat cuma boleh dinyanyikan di ruang tertutup.

Lagu Indonesia Raya kembali bergema setelah Soekarno membacakan teks Proklamasi kemerdekaan, 17 Agustus 1945.

Sikap Shusus saat Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Kita diwajibkan untuk berdiri tegak dengan sikap hormat pada saat menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Masyarakat Indonesia diminta:

berdiri tegak di tempat masing-masing dengan sikap sempurnameluruskan lengan ke bawahmengepalkan telapak tanganibu jari menghadap ke depan merapat pada pahapandangan lurus ke depan

Merekam Lagu Indonesia Raya ke dalam Piringan Hitam

Yo Kim Tjan adalah orang yg perdana kali merekam Lagu Indonesia Raya ke dalam piringan hitam. Pada saat itu, alunan lagu kebangsaan itu menyertakan suara WR Supratman.

Piringan hitam asli rekaman lagu Indonesia (dulu berjudul Indonesia Raya) tersebut masih disimpan oleh Yo Kim Tjan hingga tahun 1957. Yo Kim Tjan menyimpan piringan hitam asli tersebut sesuai dengan pesan WR Supratman.

Sekian informasi seputar Lagu Indonesia Raya yg diciptakan oleh WR Supratman & pasti dinyanyikan setiap momen Hari Kemerdekaan RI.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *