69223 tio pakusadewo suaracomalfian winanto -
in

Kuasa Hukum Protes Kenapa Tio Pakusadewo Belum Juga Direhabilitasi

Aktor Tio Pakusadewo usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (13/8). [Simaknews.com/Alfian Winanto]

“Siapa di belakang sistem ini, lho kok Tionya, mana bandarnya? Ada nggak diajukan bandarnya?” mengatakan kuasa hukum Tio Pakusadewo.

Simaknews.com – Kuasa hukum aktor Tio Pakusadewo, Santrawan T Paparang menyampaikan beberapa poin keberatan atas dakwaan Jaksa Penuntut Hukum (JPU) kepada kliennya.

Advertisements

“Keberatan hukum ini sifatnya, pertama, memberikan satu warna kasus yg sejatinya bahwa yg bersangkutan adalah pecandu berat narkotika pada tingkat akut,” mengatakan Santrawan usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (13/10/2020).

Poin kedua, pihaknya menyoroti tentang hasil assessment yg menyatakan pemenang Piala Citra untuk Pemeran Utama Pria Terbaik itu sebagai pecandu narkotika. Sebab, ini bukan kali perdana Tio Pakusadewo tersandung kasus narkoba.

“Yang kedua, sudah jelas di dalam, kami menyampaikan bahwa kalau memang benar assessment dari Badan Narkotika Nasional itu ada maka pada prinsipnya penyidik reserse narkotika Polda Metro Jaya wajib hukumnya, karena ini perintah UU,” ujarnya.

Baca Juga: Nama Raffi Ahmad Disebut di Sidang Kasus Narkoba Tio Pakusadewo

55944 sidang virtual kasus narkoba yang menjerat tio pakusadewo suaracomevi ariska 1602601443 -Sidang virtual kasus narkoba yg menjerat Tio Pakusadewo [Simaknews.com/Evi Ariska]

Santrawan bingung kenapa kliennya belum juga direhabilitasi & masih mendekam di sel tahanan Rutan Polda Metro Jaya.

“Tapi kenapa yg bersangkutan tidak dilakukan rehabilitasi. Jangan ada disparitas dong. Si A dapat, si B dapat, si C dapat, lho ini nggak dapat, kenapa?” katanya tegas.

Santrawan kemudian mempertanyakan jaminan negara kepada hak Tio Pakusadewo sebagai pecandu narkoba. Ia meminta diterapkan transparansi dalam kasus kliennya.

“Sehinggga di sini jelas mengatakan bahwa ada tiga hal yg wajib diperhatikan, pertama, pecandu berat narkotika itu dijamin haknya oleh negara. Yang kedua jangan ditutup-tutupi perkara ini, demi behind the sistem,” ujarnya.

“Siapa di belakang sistem ini, lho kok Tio nya, mana bandarnya? Ada nggak diajukan bandarnya? Lah kita mempertanyakan kalau memang ini proses penegakan hukumnya, sifatnya untuk keadilan maka belajar lah untuk memenuhi rasa adil itu sendiri,” ujarnya lagi.

Baca Juga: Tio Pakusadewo Tak Kunjung Direhabilitasi, Ini Alasannya

Sebelumnya, Tio melalui kuasa hukum sudah mengajukan assessment supaya direhabilitasi. Polisi juga sudah menerima hasil assessment dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta setelah mengerjakan pemeriksaan kepada Tio Pakusadewo bulan Mei lalu.

Hasil assessment tersebut diberikan BNNP DKI Jakarta ke Polda Metro Jaya setelah Lebaran lalu. Hasil assessment menyebutkan, Tio perlu rehabilitasi medis & sosial sesuai ketentuan yg berlaku dengan tidak mengabaikan proses hukum yg berjalan.

Seperti diketahui Tio Pakusadewo kembali ditangkap polisi terkait kasus penyalahgunaan narkoba pada 14 April 2020, di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

92396 tio pakusadewo suaracomalfian winanto 1602601445 -Aktor Tio Pakusadewo saat berjalan keluar menuju kendaraannya usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (13/8). [Simaknews.com/Alfian Winanto]

Dalam penangkapan itu, polisi mengamankan barang bukti berupa ganja seberat 18 gram, alat hisap sabu alias bong.

Sebelumnya Tio juga pernah ditangkap Desember 2017. Aktor berusia 56 tahun itu ditangkap polisi karena penyalahgunaan narkotika tipe sabu.

12

Report

What do you think?

559 points
Upvote Downvote

Written by Agen Slot

Agen Slot Online Terbaru 2020

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0