68961 mat solar instagram atidhamaulia -
in

Kronologi Kasus Sengketa Tanah Mat Solar vs Idris

Mat Solar [Instagram @idhamaulia]

Mat Solar membeli tanah seluas 1.350 meter dari Rusli pada 2004 seharga Rp 85 juta.

Simaknews.com – Komedian Mat Solar terlibat kasus sengketa tanah dengan Muhammad Idris senilai Rp 3 miliar. Kasus tersebut kini dalam penanganan Pengadilan Negeri Tangerang.

Advertisements

Saat coba dikonfirmasi, putra Mat Solar yakni Popon menuturkan tidak mengetahui perkara tersebut. Sehingga dirinya pun tak dapat menjelaskan tentang kasus yg dihadapi sang ayah.

“Saya nggak tahu & nggak dapat jawab,” mengatakan Popon kepada Suara.com, Senin (7/9/2020).

Sementara itu, pihak Muhammad Idris yg diwakili pengacaranya, Endang Hadrian, memberikan penjelasan mengenai kasus kliennya dengan komedian bernama asli Nasrullah ini.

47450 mat solar 1599494714 -Mat Solar bersama dongkrak antik. [Instagram]

“Kasus ini berawal dari Idris yg menggadaikan tanah seluas 1.350 meter persegi kepada Rusli seharga Rp 8 juta di tahun 1993 tanpa bukti peralihan tanah,” mengatakan Endang Hadrian kepada Suara.com.

Namun pada 2004, Rusli justru menjual tanah tersebut kepada Mat Solar tanpa akta jual beli (AJB) & cuma berupa kwitansi serta surat tanah atau girik dengan nomor C.1242.

“Rusli jual ke Mat Solar Rp 85 juta,” mengatakan Endang Hadrian.

Kala itu Rusli beranggapan, tanah tersebut dijual Idris kepada dirinya. “Di sini ada multitafsir. Padahal kalau jual beli, ada AJB-nya. Ini kan yg diberikan Idris cuma surat tanah,” imbuhnya.

Lantaran tidak ada akta jual beli, Rusli memberikan kuitansi kepada Mat Solar sebagai tanda bukti pembelian tanah tersebut. Sementara untuk melegalkan, Rusli minta tanda tangan Idris.

Permasalahan muncul pada 2017-2018, saat ada pembebasan lahan untuk dibangun jalan tol. Tanah yg berada di kawasan Bambu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan itu hendak dibayar oleh pemerintah setempat.

“Uang pembebasan tanah itu kurang lebih Rp 3,3 miliar. Tapi yg dapat mencairkannya adalah Pak Idris. Karena dalam girik, atas namanya adalah klien saya,” terang Endang Hadrian

Mat Solar tidak dapat mencairkan uang itu karena tidak ada akta jual beli. Selanjutnya Idris dituduh mengerjakan dugaan penggelapan & penipuan. Ia dijebloskan ke penjara oleh pihak Mat Solar.

“Buat dapat bebas, Idris diminta tanda tangan akta jual beli. Akhirnya, dilakukanlah tanda tanda tangan akta jual beli di tengah masa tahanan, bukan ditandatangani dihadapan PPAT,” ucapnya.

Tapi, uang tersebut tidak dapat dicairkan, Idris diharuskan menciptakan surat perjanjian perdamaian. Ia menolaknya & menciptakan Mat Solar tidak terima, akhirnya menjebloskan kembali Idris ke penjara.

“Tapi dalam dakwaan, Pak Idris diduga menjual tanah Mat Solar kepada Herman seluas 50 meter persegi,” ungkap Endang Hadrian.

84025 mat solar 1599494716 -Mat Solar [Instagram @idhamaulia]

“Padahal tanah itu sudah dijual Idris kepada Herman dengan girik C.60 tahun 2017 lalu . Ini kan yg janggal,” imbuhnya.

Persidangan atas kasus sengketa tanah tersebut terus berlanjut. Rencananya, Selasa (8/9/2020) Pengadilan Negeri Tangerang akan menggelar sidang untuk mendengarkan keterangan saksi.

12

Report

What do you think?

781 points
Upvote Downvote

Written by Agen Slot

Agen Slot Online Terbaru 2020

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0