oleh

KPU formulasikan program Desa Peduli Pemilu & Pemilihan

Slot SimakNews.com

KPU formulasikan program Desa Peduli Pemilu & Pemilihan

,

Anggota KPU Pusat I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. ANTARA/Toyiban.

Ayo kita dukung program Desa Peduli Pemilu & Pemilihan iniagar melahirkan pemilih cerdas untuk demokrasi yg bermartabat.Jakarta (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum RI memformulasikan program baru untuk meningkatkan partisipasi pemilih, yaitu program Desa Peduli Pemilu & Pemilihan untuk menghadapi pemilu & pilkada serentak pada 2024

Anggota KPU Pusat I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi di Jakarta, Jumat, berharap melalui program itu pencerahan masyarakat untuk terlibat dalam proses pemilu maupun pemilihan tumbuh & berkembang mulai dari desa/kelurahan/kampung atau sebutan lainnya.

“Melalui program Desa Peduli Pemilu & Pemilihan diharapkan tumbuh kader-kader perubahan yg dapat memperluas makna partisipasi, tidak cuma kuantitas (angka) tetapi juga kualitas (pemahaman hingga tindakan),” mengatakan I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dalam keterangannya.

Menurut dia, dengan makin baiknya pemahaman & pengetahuan masyarakat akan pentingnya demokrasi pemilu & pemilihan, lahir pemilih cerdas & kritis yg tidak mudah terjebak oleh praktik politik uang, hoaks, kampanye SARA, atau konflik & kekerasan.

Program Desa Peduli Pemilu & Pemilihan akan dilaksanakan di 34 provinsi. Masing-masing provinsi tersebut akan menetapkan dua lokus desa/kelurahan sebagai proyek percontohan (pilot project).

Desa/kelurahan yg dipilih untuk melaksanakan program Desa Peduli Pemilu & Pemilihan berasal dari tiga kategori, yakni: pertama, daerah dengan potensi pelanggaran pemilu tinggi; kedua, daerah rawan konflik; ketiga, daerah dengan partisipasi masyarakat rendah.

Masyarakat yg dapat terlibat (menjadi peserta) dalam program tersebut adalah mereka yg bukan anggota partai politik, berusia minimal 17 tahun & maksimal 50 tahun, & berdomisili di lokus tempat pelaksanaan program Desa Peduli Pemilu & Pemilihan.

Peserta program juga disyaratkan dapat baca tulis, berasal dari beragam basis (perempuan, disabilitas, pemilih pemula, pemilih muda, tokoh masyarakat, adat, & agama) serta diutamakan yg berlatar belakang aktif dalam kegiatan kemasyarakatan.

“Ayo kita dukung program Desa Peduli Pemilu & Pemilihan ini supaya berjalan sukses & melahirkan pemilih-pemilih cerdas untuk demokrasi yg bermartabat. Program Desa Peduli Pemilu & Pemilihan, ‘Dari Desa untuk Indonesia’,” ujarnya.

Baca juga: Titi: Konstitusi tak buka celah penundaan Pemilu 2024

Baca juga: CISSReC sebut e-Voting Pemilu 2024 sangat memungkinkan

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2340170/kpu-formulasikan-program-desa-peduli-pemilu-dan-pemilihan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *