WhatsApp Image 2020 08 19 at 13.30.36 -
in

KPU Batam petakan kembali TPS di pulau penyangga

Anggota KPU Batam Sastra Tamami (baju hitam, berdiri) memantau proses penghimpunan data coklit di pulau-pulau penyangga. (ANTARA/Dok KPU Batam)

Kendalanya sebenarnya transportasi. Penduduk jauh-jauhBatam (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum Kota Batam Kepulauan Riau kembali mengerjakan pemetaan pendirian tempat pemungutan suara (TPS) di pulau-pulau penyangga, demi memudahkan masyarakat pesisir saat pelaksanaan Pilkada 2020.

Advertisements

“Disesuaikan dengan letak geografis supaya memudahkan pemilih, panitia pemilihan kecamatan mengerjakan pemetaan ulang,” mengatakan anggota KPU Kota Batam, Sastra di Batam, Rabu.

Baca juga: PDIP tunda pengumuman pasangan calon Wali Kota Surabaya
Baca juga: Ike-Zam gagal maju Pilkada Kota Bandarlampung

Saat memantau penghimpunan hasil pencocokan & penelitian pemilih ke sejumlah pulau penyangga, ia menemukan pemilih yg kediamannya jauh dari TPS yg sudah ditetapkan. Sehingga dikhawatirkan akan menyulitkan saat pelaksanaan pilkada.

PPK diharapkan sanggup memetakan letak TPS supaya tidak menyulitkan masyarakat, mengingat letak pulau-pulau berpenghuni tidak semuanya berdekatan. Dan jumlah warga yg tinggal di pulau relatif sedikit sehingga tidak mungkin mendirikan TPS di tiap pulau.

“Kendalanya sebenarnya transportasi. Penduduk jauh-jauh,” mengatakan dia.

Ia bercerita, dalam data di atas kertas, letak TPS berdekatan dengan pemukiman warga. Namun kenyataannya warga harus berlayar cukup jauh untuk mencapai tempat mencoblos saat pilkada.

“Riil di lapangan, warga harus pakai ‘boat’, & dapat habis 10 liter minyak,” mengatakan dia.

Seperti yg terjadi di Kecamatan Belakangpadang, warga menolak datang ke TPS 8, karena lokasinya jauh. Warga memilih untuk mencoblos di TPS 7, cerita Sastra.

Sementara itu, hingga saat ini pihaknya masih mengerjakan penghimpunan hasil pencocokan & penelitian (Coklit) juga sinkronisasi pemilih ganda.

Rencananya, rekapitulasi hasil coklit dilaksanakan pada 30 Agustus 2020.

Baca juga: KPU sebut jumlah calon perseorangan di Pilkada Sumbar masih dua pasang
Baca juga: Wali Kota: Partisipasi pemilih tinggi jadi ukuran sukses Pilkada 2020

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/1677294/kpu-batam-petakan-kembali-tps-di-pulau-penyangga

Report

What do you think?

888 points
Upvote Downvote

Written by dono

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0