oleh

Konsol PlayStation 5 Dilaporkan Dapat Diubah Menjadi Perangkat Mining, Apa Dampaknya Bagi Gamer?

-Games-10 views

Kabar mengejutkan datang dari China. Konsol next-gen Sony, PlayStation 5 (PS5) dikabarkan berhasil dialih fungsikan untuk kegiatan mining cryptocurrency

IDGS, Selasa, 2 Maret 2021 Sejatinya, PS5 jelas tidak dirancang sebagai perangkat untuk mining & memang pastinya Sony tidak harap konsol kebanggaan mereka itu dipakai untuk mining sehingga sistem PS5 diberi limitasi yg menghambat kegiatan menambang cryptocurrency yg tengah ramai dilakukan banyak orang tersebut.

Akan tetapi muncul kabar bahwa para penambang antusias di China sudah sukses mengubah konsol PS5 jadi perangkat mining.

beincash

Pada dasarnya, perangkat keras dari PS5 memang cukup mumpuni untuk kegiatan mining. Di dalamnya terdapat CPU AMD Ryzen yg tertanam dalam mikroarsitektur Zen 2 (x86, 8 core, 16 threads, ip to 3,5 GHz), AMD Radeon GPU dengan arsitektur RDNA 2 (akselerasi ray-tracing hingga 2,23 GHz, 10,3 teraflops). Namun sebelumnya, mengubah fungsi konsol PS5 jadi perangkat mining sulit untuk dijadikan kenyataan.

BacaJuga

Sang Ninja Cantik Yuffie Kisaragi Kembali dalam Update FF7 Remake Intergrade!

Presiden AS Perintahkan Investigasi Untuk Selidiki Krisis Semikonduktor yg Pengaruhi Produksi PS5 & Xbox Series X/S

Square Enix Umumkan Ekspansi Terbaru FF 14, Endwalker yg Akan Membawa Pemain ke Bulan!

Akan tetapi hal itu sepertinya tidak lagi berlaku setelah beredarnya sebuah gambar tangkapan layar yg menunjukkan performa PS5 saat dipakai untuk menambang Etherium (salah satu cryptocurrency ternama setelah Bitcoin). Dalam tangkapan layar itu, performa mining dari PS5 mencapai 98,76 MH/s dengan konsumsi daya mencapai 211W.

Tentunya kita tidak dapat menutup kemungkinan utak-atik selain meretas sistem, karena dapat saja konsol PS5 yg dites untuk menambang tersebut juga di-overclock, karena performa standarnya semestinya cuma mencapai level AMD Radeon RX 5700 XT (50 MH/s).

Di sisi lain, pihak penambang di China yg dikabarkan berhasil menambang Etherium dengan PS5 itu juga dilaporkan berhasil menambang cryptocurrency yg sama mengpakai MacBook Air dengan Apple M1 SoC. Orang tersebut dikabarkan bernama Yifan Gu, seorang pengembang perangkat lunak yg kemudian membagikan cara menambang Etherium di M1 MacBook lalu membagikannya di GitHub.

Tahun lalu, Apple mengungkap komputer berbasis ARM pertamanya yakni Apple M1 yg memiliki performa tinggi serta efisiensi konsumsi daya yg menciptakan komputer berbasis ARM digadang-gadang jadi masa depan bagi industri perangkat keras komputer. Banyak orang mencoba meretasnya untuk dipakai dalam kegiatan menambang, namun sepertinya baru Yifan Gu yg berhasil mengerjakannya.

PS5-2-1614740649

Konsol PS5 disebut sudah berhasil dikonversi jadi perangkat mining. (gizchina.com)

Dengan kabar berhasilnya konsol PS5 diubah jadi perangkat mining, bukankah ini akan semakin mendorong kelangkaan konsol next-gen itu di pasaran? Hal itu sangat mungkin terjadi, karena meski Sony sudah berusaha keras, pada akhirnya perusahaan itu juga tidak dapat mengendalikan seluruh distributor PS5 supaya tidak menjualnya ke para penambang.

Semoga saja hal ini dapat dicegah sebelum benar-benar terjadi, apalagi mengingat produksi PS5 terancam oleh kelangkaan semikonduktor yg tengah menghantam industri perangkat elektronik di dunia.

(Stefanus/Online)

ligafox

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *