oleh

Kondisi Miris Para Pesepak Bola Indonesia Jadi Sorotan Media Arab

-Bola-0 views

Situs Daftar Slot Informasi Indonesia – Diliburkannya lomba Liga 1 2020 akibat pandemi Covid-19 menciptakan banyak pesepak bola Indonesia yg mengalami masalah keuangan. Bahkan, kondisi miris itu hingga mendapat sorotan dari media Arab, Al Khaleej.

Memang, dengan kondisi itu, tidak sedikit pesepak bola yg terpaksa menganggur. Apalagi ketika kontraknya dengan klub pun tak jelas menyusul kabar ditundanya lomba hingga tahun depan.

Sebagian pemain asing bahkan sudah memilih pulang kampung. Sementara untuk pemain lokal, terpaksa mencari peruntungan di bidang lain untuk tetap menghidupi keluarganya. Termasuk Bagus Nirwanto, pesepak bola PSS Sleman, yg akhirnya memilih berjualan makanan & kopi bersama sang istri.

Sepak Bola Indonesia PSSI Liga 1 2020 Covid 19 alkhaleej ae 1605315795 -Al Khaleej

“Bagus Nirwanto biasanya bermain di hadapan puluhan ribu penonton sebagai kapten PSS Sleman. Tapi, setelah gajinya dipangkas setengah, dia & istri beralih profesi dengan berjualan nasi serta minuman,” tulis Al Khaleej, Selasa (10/11/2020).

Al Khaleej juga menyoroti berita terkait adanya pemotongan gaji hingga 75 persen akibat tak adanya lomba di Indonesia. Apalagi, masih menurut Al Khaleej, dengan rerata gaji pesepak bola di Indonesia yg tak hingga 2.000 dolar Amerika Serikat (sekitar Rp 28 juta).

Efek Domino Akibat Kondisi Tak Jelas Sepak Bola Indonesia

PSS Sleman - Bagus Nirwanto - Situs Daftar Slot Informasi - Piala Presiden 2019pssi

Mereka bahkan membandingkan kondisi di Indonesia dengan negara tetangga seperti Malaysia & Thailand, yg sudah menggulirkan kembali lomba dengan protokol kesehatan ketat.

“Aku sangat kecewa dengan ditundanya kompetisi,” ucap Bagus Nirwanto, dikutip Situs Daftar Slot Informasi dari Al Khaleej.

Senasib dengan Bagus Nirwanto, pemain asal Borneo FC, Andir Muliadi, pun terpaksa pulang kampung ke Banda Aceh untuk mencari penghasilan lain di luar sepak bola.

“Kami semua ketakutan ketika pandemi melanda. Aku tidak punya opsi selain mencari alternatif supaya mendapatkan uang guna menghidupi keluarga pada masa sulit ini. Setiap pemain pasti mencari cara untuk menghasilkan uang,” ucap Andri Muliadi.

Keluhan juga diutrakan pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman, terkait tarik-ulur nasib lomba Liga 1. “Semuanya berantakan & apa yg sudah direncanakan jadi hancur,” sesal mantan pelatih Persib Bandung itu.

“Kami tak dapat mengabaikan adanya efek domino akibat kondisi ini. Kompetisi berhenti & berimbas kepada pemasukan klub hingga efeknya kepada pemain. Namun, kami tak dapat memaksa klub untuk membayar gaji penuh pemainnya seperti ketika keadaan normal,” bilang ketua biasa PSSI, Mochamad Iriawan, kepada AFP.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan Direktur PT LIB Cucu Somantri Liga 1 2020 pssi 1605315807 -pssi

Al Khaleej mengklaim, tidak sedikit pesepak bola Indonesia yg pada akhirnya terpaksa mencoba bisnis kuliner. Bahkan, ada pula seorang pesepak bola asal Sumatera Utara yg pada akhirnya jadi petugas keamanan di sebuah bank.

Di bagian penutup, Al Khaleej bahkan hingga menyinggung beberapa musibah lawas di sepak bola Indonesia. Termasuk ketika ada pemain asing yg meninggal dunia akibat belum menerima gaji, sehingga tidak sanggup membiayai perawatan medis.

“Kesejahteraan pemain jadi fokus perhatian setelah sempat dua pemain asing meninggal akibat tidak sanggup membayar perawatan medis karena gaji yg belum dibayar. Meski sepak bola di negaranya buruk, bintang-bintang dari Inggris pernah bermain di Indonesia. Seperti mantan Chelsea, Michael Essien, & eks Tottenham Hotspur, Didier Zokora,” tutup Al Khaleej.

Tentang Penulis: IDN Sport

Gambar Gravatar
Staff pada Grup operator label swasta terbesar yang menggunakan tulang punggung kami di ASIA. Rekam jejak yang terbukti selama lima tahun dan lebih dari 300 klien dengan basis klien terbesar dari jaringan multipemain.Bergabung bersama IDNSport.net dan rasakan apa itu game online masa depan. Kami memiliki semua alat yang diperlukan untuk mengungguli persaingan dan kami menyediakan kolaborasi ujung ke ujung untuk memastikan kemajuan bisnis yang berkelanjutan. Jangan lewatkan kesempatan ini dan bergabunglah dengan jaringan game online terbesar di Asia!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *