oleh

Komisi II minta Pemda laksanakan keputusan larangan mudik

Calon penumpang menunggu jadwal keberangkatan kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (2/5/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.

Jakarta (ANTARA) – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim meminta seluruh kepala daerah untuk melaksanakan keputusan pemerintah pusat mengenai larangan mudik lebaran tahun 2021 dalam upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19 di daerah.

Menurut dia, pemda harus jelaskan kepada masyarakat di daerah supaya terus bersabar & menaati protokol kesehatan pada setiap kegiatan.

“Kalau rakyat bersabar & mengikuti protokol kesehatan, akan jadi sumbangan akbar bagi percepatan pengendalian COVID-19,” mengatakan Luqman Hakim di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Organda apresiasi langkah kepolisian tangkap travel ilegal
Baca juga: Pelni Makassar setop penjualan tiket selama 12 hari
Baca juga: Antrean panjang terjadi di Tes GeNose Stasiun Senen

Dia juga meminta Presiden Jokowi & Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mempertimbangkan kembali kebijakan pembukaan tempat-tempat wisata pada saat libur lebaran.

Luqman Hakim minta seluruh tempat wisata ditutup penuh selama masa libur lebaran yaitu 6-17 Mei 2021, dirinya pesimis pemerintah memiliki cukup aparat untuk menjaga tempat-tempat wisata untuk memastikan tidak terjadi pelanggaran prokes secara massif apabila dibolehkan buka selama libur lebaran.

“Setelah libur lebaran selesai, silahkan kalau pemerintah akan membuka kembali tempat-tempat wisata, selama memiliki keyakinan sanggup memastikan protokol kesehatan dapat berlaku dengan ketat di sana,” ujarnya.

Selain itu Luqman menyoroti membludaknya pengunjung Pasar Tanah Abang Jakarta beberapa hari ini & juga terjadi di banyak daerah.

Ketua PP GP Ansor itu mengaku menerima informasi dalam satu pekan terakhir terjadi peningkatan aktifitas belanja masyarakat seperti di pasar-pasar, mall & swalayan di banyak daerah dalam rangka belanja kebutuhan lebaran.

“Terhadap fenomena ini, di satu sisi saya gembira melihatnya sebagai tanda-tanda geliat & kekuatan daya tahan ekonomi rakyat. Jauh beda dengan waktu yg sama jelang lebaran tahun kemarin yg sepi, nyaris tanpa aktifitas ekonomi akibat pandemi COVID-19,” katanya.

Namun pada sisi yg lain, politisi PKB itu menilai fenomena keramaian tempat-tempat perbelanjaan sangat mengkhawatirkan karena potensial terjadinya pelanggaran protokol kesehatan secara massif di banyak tempat.

Karena itu dia meminta seluruh pemerintah daerah bersama satgas COVID-19 supaya mengawasi & memastikan tidak terjadi penumpukan manusia di pusat-pusat perbelanjaan menjelang & pasca lebaran.

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2134622/komisi-ii-minta-pemda-laksanakan-keputusan-larangan-mudik

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *