oleh

Ketika Musik Klasik Perangi KDRT

Ilustrasi musik. (Pixabay)

“Ini adalah pesan perdamaian untuk merayakan apa yg menciptakan kami bersatu,” katanya.

Simaknews.com – Salah satu hal yg ditakuti di wilayah kota Meksiko selama pandemi Covid-19 adalah kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT.

Sederet seniman musik klasik terinspirasi dari kondisi tersebut. Mereka kemudian menciptakan ansambel virtual untuk mengumpulkan dana bagi perempuan & anak-anak yg jadi korban KDRT di Meksiko.

Pada Selasa (25/8/2020) waktu setempat, 27 seniman yg tergabung dalam Impossible Orchestra bentukan konduktor Alondra de la Parra, merilis video Danzon No. 2, komposisi klasik Meksiko modern yg terinspirasi oleh tarian Kuba.

Video tersebut menyuguhkan penampilan seniman klasik seperti Emmanuel Pahud, Maxim Vengerov, Rolando Villazón & Alisa Weilerstein.

Syuting & editing dilakukan selama periode lockdown di Meksiko.

Menggabungkan rekaman perseorangan dari 14 negara, video tersebut menampilkan semua seniman yg tampil dengan “trek alur” spesifik perkusi, piano, & bas.

“Ini dilakukan untuk menciptakan penonton merasa sedekat mungkin dengan keajaiban pembuatan musik live & kolaboratif ini,” mengatakan De la Parra seperti dikutip dari Reuters.

Menurut De la Parra tindak KDRT memperburuk masalah di tengah pandemi Covid-19.

Karenanya, dia harap menolong memperbaiki keadaan dengan menciptakan karya tersebut.

“Ini adalah pesan perdamaian untuk merayakan apa yg menciptakan kami bersatu,” ujar De la Parra.

“Dengan melihat video ini, orang-orang dapat berefleksi, lebih sabar, lebih toleran – tetapi tidak mentolerir kekerasan,” katanya.

Tujuan De la Parra pun tercapai. Sejauh ini dia sudah berhasil mengumpulkan 275.000 euro atau sekitar Rp 4,7 miliar.

De la Parra sudah menciptakan situs web yg memungkinkan anggota masyarakat untuk menyumbang langsung ke Fondo Semillas & Save the Children Mexico.

Komunitas ini juga akan kembali mengadakan penggalangan dana dalam gala virtual di YouTube. Artis internasional kali ini disebut-sebut akan terlibat di dalamnya.

(Antara)

12

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed