oleh

Kekalahan Napoleon Di Waterloo Akibat Letusan Tambora ?

Dunia yang sekarang kita kenal ini mungkin bisa berbeda jika Gunung Tambora yang berada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak meletus. Begitu juga dengan Napoleon Bonaparte berperang melawan Sekutu di Pertempuran Waterloo pada Juni 1815.

Kekalahan Prancis di Waterloo besar dampaknya terhadap Eropa. Kebangkitan nasionalisme Jerman yang memuncak pada Perang Dunia II dan lahirnya Inggris sebagai negara super power, menggantikan Prancis, pada abad 19 diyakini berawal dari Waterloo.

Para sejarahwan sebelumnya sudah mencatat bahwa pasukan Prancis yang dipimpin Kaisar Napoleon dalam Pertempuran Waterloo kalah dari kekuatan Sekutu – yang terdiri dari Inggris, Prusia (kini termasuk dalam Jerman), Belgia, dan Belanda – salah satunya karena faktor cuaca buruk.

Cuaca Waterloo saat itu gelap dan hujan deras, yang membuat tanah-tanah pertempuran licin dan berlumpur. akibat minimnya prediksi cuaca pada saat itu, Alhasil hal yang tak diinginkan pun terjadi.

Sekutu berhasil memukul mundur pasukan Prancis dan Napoleon dari Waterloo, dan menandakan berakhirnya perang Napoleon dan akhir Napoleon sebagai kaisar Prancis saat itu.

Write By: DOOOMY

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *