SAM 33901 e1398351733297 -
in

Katon Bagaskara Persilakan Lagu KLa Project Dicover di YouTube

Katon Bakaskara. (Simaknews.com/Ismail)

Yang penting lagu tersebut dicover bukan untuk kepentingan komersil.

Simaknews.com – Belakangan sempat jadi heboh soal mencover lagu tanpa izin & diunggah di YouTube. Pelaku terancam sanksi tiga tahun penjara & denda hingga Rp 500 juta.

Advertisements

Kabar ini pun jadi perbincangan & perdebatan yg hangat di media massa. Banyak pihak yg setuju, namun tidak sedikit yg menganggap berlebihan.

Salah satu musisi yg menentang peraturan tersebut adalah Katon Bagaskara, vokalis band KLa Project.

Sebagai sikap penolakan, Katon Bagaskara mempersilakan lagu-lagunya & juga KLa Project untuk di-cover, selama tidak untuk kepentingan komersil.

78094 youtube 1599494720 -Logo YouTube

“Gaees, anda semua bebas untuk mengcover semua lagu saya & KLa di sosmed/ dunia internet. Tidak perlu minta izin, kami tidak akan menuntut apa-apa asal anda tidak mencuri lagu-lagu itu untuk kepentingan komersil. Selamat berekspresi yaa!!,” tulis Katon Bagaskara di Twitter, baru-baru ini.

Undang-undang tengan Hak Cipta kembali ramai setelah baru-baru ini sejumlah musisi & praktisi hukum menggelar webinar berjudul Asosiasi Bela Hak Cipta, di Jakarta, baru-baru ini.

Webinar itu dihadiri tiga musisi senior, Rhoma Irama, Candra Darusman, & Jimmy Manopo. Sedangkan dari praktisi hukum dihadiri oleh Edi Ribut Marwanto.

Candra Darusman & Rhoma Irama sepakat untuk mendukung Undang-Undang Hak Cipta. Meski begitu, mereka juga sependapat supaya undang-undang atau peraturan ini tidak mengekang para musisi muda untuk berekspresi.

“Bukan untuk mengecilkan pecipta lagu, saya bicara jangan hingga over use. Istilahnya mengpakai senjata itu terlalu kuat, sehingga mematikan kreatvitas. Salah tetap salah, tetapi jangan hingga anggota masyarakat yg berkreasi jadi takut (melanggar hukum). Ini akan mematikan dunia kreativitas,” mengatakan Candra Darusman.

Candra Darusman mengimbau, penyanyi yg harap mencover sebuah lagu, sebaiknya meminta izin ke publisher.

“Yang menciptakan lagu cover, komunikasikan ke publisher. Dipelajari apa yg boleh apa yg tidak. Karena pelanggaran moral itu luas sekali. Jangan hingga anda menciptakan sedih pencipta lagu yg lagunya dipotong-potong,” tutur musisi 63 tahun ini.

Sementara Rhoma Irama berujar, “Kerugian negara mencapai Rp 1 triliun dalam kasus hak cipta ini. Saya rasa lebih. Saya sebagai seniman, adalah pembayar pajak tertib. Setiap kontrak kerja, saya harus ada pemotongan pajak. setiap saya tampil di tv, pasti pajak saya bayar. Artinya di sana ada devisa negara, ada pemasukan buat negara,” mengatakan Rhoma Irama.

“Dengan catatan, mengatakan Bung Darusman tadi, jangan hingga masyarakat jadi ketakutan,” ucap Rhoma Irama.

25355 imaa rhoma irama suaracomalfian winanto 1599494722 -Aktor & Pedangdut Rhoma Irama meraih penghargaan spesifik atas perannya di industri perfilman tanah air dalam gelaran Indonesia Movie Actors Awards 2020 IMAA di Jakarta, Sabtu (25/7). [Simaknews.com/Alfian Winanto]

“Menampilkan karya seni itu harus berizin. Ini sulit diimplementasikan. Misalnya kemarin saya bawa teman-teman ke stasiun tv, mereka memenutut harus berizin. Pihak TV menjawab, menemui penciptanya susah. Misalnya live concert yg formal, atau pesta-pesta kawin, kalau itu harus berizin, itu akan sepi dari bermusik,” mengatakan Rhoma Irama menambahkan.

Sementara Rhoma Irama sependapat dengan apa yg dihinggakan Candra Darusman. Hukum mengenai hak kekayaan intelektual harus ditegakkan. Tapi Si Raja Dangdut ini juga meminta hukum tersebut tidak mengekang kreativitas dalam berkarya.

12

Report

What do you think?

849 points
Upvote Downvote

Written by Agen Slot

Agen Slot Online Terbaru 2020

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0