oleh

Kasal: TNI AL terus laksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim

Slot SimakNews.com – Kasal: TNI AL terus laksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim,

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono saat memberikan pernyataan pers setelah melepas keberangkatan Ekspedisi Jala Citra I Aurora TNI AL di Dermaga Pondok Dayung Jakarta, Selasa (3/8/2021). ANTARA/Muhammad Jasuma Fadholi

Jakarta (ANTARA) – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan TNI AL terus melaksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim yg tersebar dari Sabang hingga Merauke.

“Telah saya instruksikan kepada seluruh jajaran Pangkalan maupun Kotama dari Sabang hingga Merauke hingga hari ini kita masih tetap melaksanakan serbuan vaksinasi (COVID-19) masyarakat maritim,” mengatakan Laksamana Yudo di Jakarta, Selasa.

Yudo mengatakan bahwa target vaksinasi tersebut adalah masyarakat di pelabuhan-pelabuhan umum, pelabuhan perikanan, hingga ke pulau-pulau terpencil yg dapat disambangi TNI AL mengpakai Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Mantan Pangkogabwilhan I itu menjelaskan target vaksinasi bagi masyarakat maritim sudah tercapai kurang lebih 85 hingga 95 persen. Oleh karena itu, serbuan vaksinasi saat ini menyasar ke daerah-daerah yg laju vaksinasinya masih minim.

Baca juga: TNI AL sasar desa pesisir belum tersentuh vaksinasi

“Seperti di Cilegon itu baru 11 persen sudah kita sasar ke sana, kemudian saya datang kemarin ke Sumedang itu baru 17 persen,” ujarnya.

Dari data yg ada, lanjutnya, serbuan vaksinasi terus diarahkan ke wilayah di luar Pulau Jawa maupun yg masih berada di wilayah Pulau Jawa, seperti di Kepulauan Seribu, hingga Pulau Bawean.

Selain itu, vaksinasi COVID-19 juga turut digelar oleh organisasi istri prajurit TNI AL Jalasenastri bagi anak & remaja serta masyarakat biasa di Jakarta pada Senin (2/8). Kegiatan vaksinasi tersebut diselenggarakan atas kerja sama Jalasenastri dengan Koarmada I TNI AL.

Di samping vaksinasi, Kasal menyebut bahwa TNI AL juga mendukung kebutuhan oksigen bagi masyarakat yg sempat mengalami kelangkaan.

Baca juga: Jalasenastri TNI AL gelar vaksinasi COVID-19 bagi anak & remaja

Dia menjelaskan, TNI AL sudah mengerahkan KRI dr Soeharso & KRI Semarang yg memiliki sarana pengisian oksigen untuk melayani kebutuhan di Semarang & Surabaya, baik bagi masyarakat maupun rumah sakit yg membutuhkan.

Dia mengatakan siapapun yg membutuhkan dapat langsung datang membawa tabung oksigen kosong untuk ditukarkan sehingga dapat menghindari terjadinya antrean pengisian & dapat lebih memudahkan masyarakat.

Sementara itu, TNI AL juga sudah mengoperasikan rumah sakit (RS) darurat yg berada di Jakarta & Surabaya dengan kapasitas sekitar 800 orang. Namun Kasal berharap supaya rumah sakit tersebut tidak terisi.

“Harapan saya walaupun kita sudah menyiapkan, tetapi jangan ada masyarakat yg sakit & dirawat di situ asa saya semua masyarakat sehat,” ujarnya.

Baca juga: TNI AL akan berikan vaksin COVID-19 buat ABK langsung di atas kapal

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2304942/kasal-tni-al-terus-laksanakan-serbuan-vaksinasi-masyarakat-maritim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *