oleh

Jubir: Wapres minta gubernur “update” data rakyat miskin ekstrem

Slot SimakNews.com

Jubir: Wapres minta gubernur “update” data rakyat miskin ekstrem

,

Juru Bicara Wakil Presiden Maruf Amin, Masduki Baidlowi, di Kantor Wapres Jakarta. (Asdep KIP Setwapres.)

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta kepala daerah di tujuh provinsi untuk memperbarui data rakyat miskin ekstrem & berkonsolidasi dengan Kementerian Sosial kepada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) guna menurunkan angka kemiskinan ekstrem, mengatakan Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi di Jakarta, Jumat.

“Wapres minta ada konsolidasi data, update data. Maka kepada pimpinan daerah, dalam konteks supaya tepat sasaran, mohon dibantu koordinasi & konsolidasi data itu dengan Mensos. Itu penting,” mengatakan Masduki di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Wapres tinjau penerapan protokol kesehatan di Istiqlal & Katedral

Di 2021, Pemerintah menargetkan penurunan angka kemiskinan ekstrem di provinsi Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Jawa Barat, Jawa Timur & Jawa Tengah.

Para gubernur di ketujuh provinsi tersebut, lanjutnya, diminta menentukan lima kabupaten & kota dengan jumlah rumah tangga miskin ekstrem paling banyak di daerahnya. Kepada kabupaten & kota yg tidak terpilih, Masduki berharap ada pengertian & tidak ada kecemburuan sosial.

“Karena yg akan dipilih cuma lima, itu jangan jadi persoalan kalau tidak diambil. Ini memang masalahnya yg diambil yg paling parah, tentu saja gubernur yg sudah tahu dengan sekda & perangkatnya itu,” jelasnya.

Oleh karena itu, Masduki berharap gubernur di tujuh provinsi tersebut dapat dengan serius memetakan kabupaten & kota yg berhak mendapatkan perhatian dalam penurunan kemiskinan ekstrem hingga akhir 2021.

DTKS akan dipakai sebagai basis data untuk menyasar rumah tangga dengan kemiskinan ekstrem hingga tingkat desa. Menteri Sosial Tri Rismaharini juga sudah diminta secara spesifik oleh Wapres untuk memperbaiki DTKS tersebut.

“Mensos juga diminta oleh Wapres untuk menyempurnakan DTKS, bukan data yg biasa seperti data kependudukan Dukcapil, tetapi memang data yg sasarannya adalah rumah tangga,” ujar Masduki.

Baca juga: Jubir Wapres sebut Pemerintah kejar waktu tekan kemiskinan ekstrem
Baca juga: Wapres: Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral bangun kerukunan umat

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2354842/jubir-wapres-minta-gubernur-update-data-rakyat-miskin-ekstrem

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *