oleh

Jamiluddin Ragukan Survei Capres yang Tempatkan Ganjar dan RK di Posisi 3 Besar – Nasional

Hasil survei Voxpopuli Research Center terkait elektabilitas capres. Foto: ANTARA/HO-Survei Voxpopuli Research Center

jpnn.com, JAKARTA – Lembagai survei Indometer memprediksi Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, & Ridwan Kamil akan menjadi kandidat kuat pada Pilpres 2024 mendatang. Pasalnya, mereka konsisten bertengger di urutan tiga besar dalam berbagai survei elektabilitas capres yg dirilis setahun terakhir.

Pakar komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritongan menilai prediksi Indometeri tersebut sangat prematur. Pasalnya, banyak juga hasil survei yg tidak menempatkan ketiga tokoh itu di posisi tiga besar.

Jamiluddin mencontohkan survei Litbang Kompas yg menempatkan Prabowo Subianto dengan elektabiltas tertinggi, disusul Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, & AHY.

Slot info lainnya:

  • Survei Indometer: PSI Tembus 5 Persen, Partai Ummat Mengejutkan

Menurutnya, perbedaan posisi itu disebabkan berbagai faktor. Namun, dia mengakui bahwa semua lembaga survei menempatkan Prabowo, Ganjar & RK di posisi enam besar.

“Lembaga survei itu memunculkan nama yg sama dalam peringkat enam besar. Hanya peringkatnya saja yg berbeda,” mengatakan Jamiluddin kepada Slot Informasi Online, Sabtu (8/5).

Faktor pertama, mengatakan dia, adalah metodologi survei, seperti alat ukur (instrument) & sampel yg diteliti.

Slot info lainnya:

  • Survei Capres: Ganjar, Prabowo, RK Capres Unggulan, Anies & AHY Tak Punya Kesempatan?

“Kalau alat ukur & sampel yg diteliti berbeda, wajar saja kalau hasilnya juga berbeda,” ujar Jamiluddin.

Faktor lain, lanjut mantan dekan IISIP Jakarta itu, waktu penelitian. Dia menyebut, penelitian yg dilakukan oleh empat lembaga survei itu tidak jauh berbeda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *