87224 sandy canester di kantor suaracom -
in

Interview: Sandy Canester Bicara Soal Demo Rusuh UU Cipta Kerja

Sandy Canester di kantor Suara.com, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/10/2020) [Simaknews.com/Adit Rianto].

UU Cipta Kerja menuai protes keras dari publik.

Simaknews.com – Musisi Sandy Canester turut mengomentari kerusuhan yg terjadi pada aksi demo penolakan Undang Undang Cipta Kerja pada Kamis (8/10/2020).

Advertisements

Pelantun lagu “Sabtu Minggu” ini menyayangkan karena DPR RI terlalu terburu-buru saat mengesahkan UU Cipta Kerja.

Menurut Sandy Canester, DPR RI harus mengambil sikap tegas setelah terjadi demo besar-besaran di sejumlah daerah.

Lebih lanjut, berikut wawancara Sandy Canester dengan Suara.com mengenai kontroversi UU Cipta Kerja.

Baca Juga: Sandy Canester Coba Instrumen Piano di Lagu Baru, Sedih

31626 sandy canester di kantor suaracom 1602446625 -Sandy Canester di kantor Suara.com, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/10/2020) [Simaknews.com/Adit Rianto].

Sebagai musisi melihat demo UU Cipta Kerja kemarin yg rusuh gimana tanggapannya?

Ada beberapa pihak yg melihat bahwa ini berita yg nyampe ke masyarakat hoaks. Tapi di sisi lain masyarakat yg menilai & itu juga akhirnya ada kepentingan juga kan bahwa ini sebenernya merugikan masyarakat dari segala macam.

Gue lebih ke asa sebagai musisi gue menyuarakan bahwa apapun yg diputuskan & apapun yg terjadi di negara kita harus segera di luruskan, harus segera di klarifikasi kalau memang ternyata berita itu hoaks. Jadi jangan dibiarkan ada benturan dulu, ada korban dulu baru sadar aksi dari pemerintah untuk meluruskan ini.

Yang kedua, gue berdoa semoga orang yg dikasih amanah siapapun itu dapat kembali ke kodratnya memiliki pencerahan bahwa kita semua akhirnya akan kembali ke masyarakat & pikirnya panjang jangan mikir mau memperkaya diri sendiri atau mau mentharap diri sendiri. Karena lu punya anak & cucu yg akan lu tinggalin juga, kalau lo nggak bikin aturan yg baik maka anak & cucu juga yg make.

Kabarnya UU Cipta Kerja yg beredar di masyarakat hoaks, menurut anda gimana?

Baca Juga: Sandy Canester Tuangkan Kisah Cintanya di Lagu Tebaru, Sedih

Mungkin kalau dari sisi DPR-nya, mungkin mereka tidak berhak mengeluarkan statement mereka cuma mengeluarkan undang undang aja. Tapi semestinya aksi ini pasti akan ada, karena sebelum di sahkan aja udah banyak & lo nggak dapat nutup mata. Jadi lu harus bikin plan a, plan b, plan c pada saat ini di sahkan.

Anggaplah berita memangnya benar positif & dari semua berita yg hingga di masyarakat misalnya hoaks tapikan tetep ada dampaknya. Siapapun itu harus memberikan statement yg dapat menenangkan rakyat & sifatnya ini urgent.

Disaat kondisi yg lagi covid, covid belum selesai tiba-tiba ada kaya gini. Ini menambah luka lagi, menambah kacau jadi memang gak boleh nunggu-nunggu lagi memang harus kasih statement.

Kira-kira gimana cara pemerintah dapat nenangin rakyat soal UU Cipta Kerja ini?

Sekarang lebih mudah dapat lewat sosial media, & yg ke dua gimana caranya setiap ada aksi harus ada perwakilan yg langsung ketemu dengan yg demo. Siapapun pemerintah harus berjumpa dengan masyarakat. Jadi jangan di sana (pemerintah) udah ada polisi ini, ada TNI ini.

36935 sandy canester di kantor suaracom 1602446627 -Sandy Canester di kantor Suara.com, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/10/2020) [Simaknews.com/Adit Rianto].

Seperti Ridwan kamil contohnya gitu?

Itu menurut gue salah satu output positif dari seorang pemimpin, jadi minimal gini. Kalau pun beritanya ini benar tetapi lo sudah mendapat responnya dari masyarakat, masyarakat cuma butuh klarifikasi kok. Akhirnya kan gini gerombolan-gerombolan ini kan akan melebar kemana-mana.

Gue berani survey mereka yg ribut-ribut itu nggak tahu apa yg di perjuangin. Itu sudah jadi rahasia umum, masa kita harus mengerjakan kebodohan itu berulang-ulang sih? Jadi memang harus ketemu DPR supaya nggak ada benturan.

Lihat sidang paripurna pas Puan Maharani matikan mik tanggapannya anda gimana?

Itu hak dia, kalau ngomongin positifnya adalah mungkin memang ada hal-hal yg harus di keep & menurut gue di negara mana pun atau di personal apapun kita harus punya ruang dalam diri kita.

Mungkin ada hal memang yg gak dapat di hinggakan karena akan memberikan impact yg negatif atau akan jadi muktitafsir jadi terserah dia asal jangan matiin orang aja.

Kalau soal banyaknya Jurnalis jadi korban dipukulin bahkan ditangkap?

Gimana caranya semua jurnalis yg diwakilin sama persatuan press itu harus ketemu dengan semua pimpinan militer, baik dari polisi atau dari tni. Maksudnya memang harus ngobrol sama ujungnya supaya tidak ada lagi tindakan-tindakan anggota-anggota dilapangan yg akan merugikan pers.

Ini aturannya dunia kalau pers itu gak dapat sembarangan, lu mungkin dapat mengamankan dengan cara di luar batas. Tapi kalo untuk pers gak dapat, mangkanya kalau menurut gue sih emang harus ketemu sama pimpinannya. Karena dapat jadi si aparat yg mungkin baru lulus & di tugaskan dia gak tau bahwa lu tidak boleh mukul pers, nyentil aja gak boleh apalagi mengerjakan kekerasan. Apalagi dia sudah pake id pers itu kan berarti jelas kepentingannya di demo untuk mencari berita bukan rusuh atau gimana.

123

Report

What do you think?

759 points
Upvote Downvote

Written by Agen Slot

Agen Slot Online Terbaru 2020

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0