oleh

Interview: Detail Penyakit Penyumbatan Darah di Otak yg Dialami Pak Ogah

Slot SimakNews.com – Interview: Detail Penyakit Penyumbatan Darah di Otak yg Dialami Pak Ogah,

Kondisi Pak Ogah yg alami sakit. ((Simaknews.com/Herwanto & Instagram @pakogah_real)

Kondisi Pak Ogah cukup memprihatinkan.

Simaknews.com – Lama tidak terlihat di layar kaca, Abdul Hamid atau yg diketahui dengan Pak Ogah ternyata mengalami penyumbatan pembuluh darah di otak.

Akibatnya, Pak Ogah pun kesulitan berkomunikasi. Hal itu diungkap langsung oleh istri Pak Ogah, Yuyun Widayanti.

Dia juga mengatakan kalau suaminya itu sudah sering bolak-balik ke rumah sakit untuk berobat. Lebih lanjut, berikut wawancara lengkap Suara.com mengenai kondisi Pak Ogah bersama Yuyun Widayanti.

Boleh ceritain awal mula sakit yg diderita Pak Ogah?

Baca Juga: Interview: Kisah Ririn Ekawati Usai Jadi istri Ibnu Jamil

Potret rumah Pak Ogah. [YouTube/Melaney Ricardo]

Hampir sudah tiga bulan ya sakitnya itu, cuman nggak ada gejala. Biasanya kan pusing atau apa, itu dia nggak. Dia cuman mau ngisi suara, mau bales WA dari yg lain. Dia bilang sambil dilempar HP itu ‘Kok ini HP rusak?’. Coba sini saya betulin, saya betulin ‘Ini HP nggak rusak’ dilempar lagi, ‘Rusak ini’.

Akhirnya beberapa kali bilang HP rusak, ini bukan HP yg rusak tetapi otaknya yg rusak, ayo sekarang ke rumah sakit, ‘Nggak ah’. Akhirnya dipaksa ke rumah sakit pas di rumah sakit dia harus dirawat, tetapi dia nggak mau dirawat, ‘Nanti darimana uang? BPJS saya mati, kalau bayar mahal’.

Akhirnya karena saya nggak berpikir lagi, yaudah dirawat aja. Saya cari kamar, dia bangun, dia bilang nggak mau dirawat. Kemudian saya dipanggil lagi sama dokter, ‘Kalau memang nggak mau dirawat ibu harus bikin surat perjanjian, karena ini harus dirawat’.

Pak Ogah maksa pulang yasudah pulang. Terus dikasih obat. Terus setelah dua hari di rumah, dia pingsan. Lalu kebetulan dia nggak keluar, dia dibawa ke rumah sakit & langsung pasang semua peralatan medis. Dia sudah pasrah udah nggak kepikiran uang dari mana. Akhirnya Selama 10 hari dia dirawat.

Karena dia nggak sembuh-sembuh selama di rumah sakit itu dia sering ngamuk & semua dicopotin, ‘Ini nggak bagus ini nggak bagus’ karena yg dia pikirin itu bagusnya itu kalau dia suaranya ada.

Baca Juga: Interview Putri Diana: Sebenarnya Apa yg dilakukan Martin Bashir & BBC?

Akhirnya pulang ke rumah dari sebelum lebaran & dirawat di rumah. Dan kebetulan kemarin itu ada anak angkat yg baiklah sama dia, dikasih (duit) untuk pengobatan.

Karena saya juga mikir sakitnya kok gini? Ini ada apa? Saya bikin pengajian & undang kiayi setiap hari karena kalau hari ini lagi bagus kondisinya. Biasanya parah banget untuk bicaranya juga susah banget. Sampai sekarang nggak ke dokter.

Cuman ada dua hari tiga hari kemarin, Pak ogah sempet nanya ‘Ada uang ngga buat beli obat’ tetapi nggak ke rumah sakit karena dia (bilang) nggak bagus, jadi yg ada di pikiran dia itu berobatnya itu supaya dapat ngomong.

Akhirnya karena sekarang ini suaranya nggak ada, penghasilan pun nggak ada, tambah stres.

Kondisinya gimana sekarang?

Abdul Hamid alias Pak Ogah saat ditemui di Rumahnya Kawasan Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/5/2021).

Kalau kondisinya ya begitu aja yg tadi diliat. Cuman kadang-kadeng ngedrop, ngedropnya seluruh badan panas, suara pun hilang walau cuma ‘e.. e..’ aja. Tapi Kalau untuk makan boleh dilihat, makanan rumah nggak ada yg mau. Malah yg biasa dia nggak suka dia suka.

Selama dua bulan makannya melon, lapis legit sama bebek. Selain itu, itu dia sembur, & nggak mau, kadang-kadang dilempar.

Kalau untuk saat ini jangankan mikirin berobat dulu. Karena kan ke dokter kan sekarang nggak bayar, paling karena denda aja, karena waktu itu ada penundaan pembayaraan BPJS, cuman dianya udah nggak mau.

Dia maunya berobat tetapi maunya yg langsung sembuh, untuk ke dokter naik mobil dia nggak dapat. Dia langsung ngamuk kalau naik mobil itu. Susah banget deh.

Diperiksa didiagnosanya sakit apa?

Bukan diperiksa lagi, bolak balik rumah sakit iya. Ada penyumbatan di otak. Biasanya kan kalau kiri ya kiri tetapi kalau laki-laki kiri atau kanan, kalau ini dua-duanya. Jadi apa yg ditanya pun nggak nyambung, nggak konek.

Sakit apa sebelumnya?

Darah tinggi sama maag, itu yg sering dirawat itu ya itu. Makanya foto yg dulu itu dikiranya sakit (penyumbatan otak), tetapi itu yg sakit maag.

Ini penyumbatan otak?

Iya penyumbatan otak, kiri kanan. Dari tiga bulan lalu & nggak sembuh begini aja & nggak nyambung lagi hingga sekarang (kalau ngobrol). Tiga bulan kuranglah.

Abdul Hamid alias Pak Ogah saat ditemui di Rumahnya Kawasan Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/5/2021).

Dananya berapa kalau di operasi?

Kalau untuk operasi belum terpikir hingga ke situ. Kalau di rumah sakit, sekarang BPJS udah diaktifin. Walaupun kemarin itu kan kalau dia kan kalau ada dubbing ada uang. Kalau nggak dubbing nggak ada uang. Dan memang selain dubbing itu maksudnya nggak ada yg lain tabungan, ya terbataslah.

Kemarin pun sempet Rp 11 juta untuk 3 tahunan nggak bayar BPJS, sempat dibayar. Dan hampir karena untuk mencarinya agak sulit hampir kena biasa (perawatan pengobatannya). Cuman dari administrasi masih ‘Yasudah coba deh dicari hingga sore’ akhirnya ada dari anak, pinjem, mohon ke tolong dong ada sisa dubbing nggak sebelum sakit’, ‘ada nih bu’.

Sebelumnya ada kerjaan dubbing?

Masih aktif, sebelum sakit masih di Laptop Si Unyil. Pas sakit masih dibayar waktu itu. Itu untuk bayar BPJS tetapi nggak cukup karena Rp 11 juta kan butuhnya.

Masih terima gaji?

Masih, ketahuan HP rusak itu dia mau ngisi suara.

Dubbing rutin?

Sebulan 7 kadang-kadang, sejak covid (sepi), tergantung ada tiga ada berapa nggak dapat dipastiin.

Kerjanya dari HP dubbing kirim suara?

Iya.

Temen seniman ada yg jenguk?

Kalau saat ini baru Aty Cancer aja. Kemarin ngeluh, ‘Aku bingung, sakit tetapi makannya mau ini ini’. Terus sorry ya baru dapat dateng beli buah. Saya selama tiga bulan ini, saya ya, dari anak kalau minta terus kan nggak ini juga, dari temen juga, kebetulan ada dari salah satu grup itu lumayan, dapat buat berobat. Bisa panggilin ngaji, karena dia sering bengong, sering marah marah, ya itu dari itu aja. Saya terima kasih banget.

Sudah coba pengobatan alternatif?

Sudah. Makanya saya terima kasih mereka dipanggil ya itu bapak ke mereka, Pak Ogah manggilnya anak asuh, lumayan dapat berobat kemana-mana. Yah lama-lama ya ini juga berobatnya kan, alhamdulillah banget, terima kasih banget, cuman ya itu, yg bantu itu anak asuhnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *