oleh

Hoaks! Muhammadiyah tidak layani vaksinasi pemilik KTP non-Islam

Kegiatan vaksinasi yg digelar oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. ANTARA/HO/Muhammadiyah/pri.

Jakarta (ANTARA/JACX) – Organisasi masyarakat Muhammadiyah diklaim menolak memberikan pelayanan vaksinasi kepada pemilik kartu tanda penduduk (KTP) yg beragama non-Islam.

beincash

Video sepanjang 32 detik yg ramai beredar di Twitter sejak 1 April 2021 itu, menampilkan seorang pria yg sedang berbicara mengpakai pengeras suara di hadapan massa.

Dalam pernyataannya, pria dengan pengeras suara tersebut menjelaskan pemilik KTP non-Islam tidak dapat mengerjakan registrasi pendaftaran vaksinasi kategori Muhammadiyah.

“Yang mendaftar online dengan kategori catatan pelayanan publik Muhammadiyah, kami sudah mendapatkan informasi melalui PIC-nya yg berada di belakang, bahwa untuk KTP dengan agama non-Islam tidak dapat diregistrasi,” begitu isi pernyataan pria dalam video di Twitter tersebut.

Namun, benarkah Muhammadiyah menolak layani vaksinasi pemilik KTP non-Islam?
Apa2an ini.

Ada @muhammadiyah
Ada Vaksin
Dan ada sebut Non Islam tidak dilayani.

Begitu maen kalian yak. pic.twitter.com/Uer1HF3bAk

— Putra Majapahit (@H_Safardan_) April 1, 2021
Penjelasan:
Ketua Divisi Komunikasi Informasi Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Budi Santoso menyatakan isi video tersebut sama sekali tidak benar, sebagaimana dituliskan dalam laman resmi Muhammadiyah pada 1 April 2021.

Budi menerangkan peristiwa yg terekam di video itu berlangsung saat kegiatan vaksinasi di Istora Senayan, Jakarta, pada 30 Maret 2021.

Kegiatan tersebut sepenuhnya diselenggarakan oleh pihak Kementerian BUMN, sedangkan Muhammadiyah sebatas sebagai kawan layanan vaksinasi.

Personel yg jadi pemandu dalam kegiatan tersebut juga bukan dari Muhammadiyah, begitu menurut Budi.

“Pernyataan dalam video itu berasal dari panitia, sama sekali bukan dari MCCC Muhammadiyah. Sekali lagi, yg mengumumkan & menyatakan tidak akan meregistrasi & melayani peserta berKTP non-Muslim, bukanlah dari regu Muhammadiyah,” mengatakan Budi.

Klaim: Muhammadiyah tidak layani vaksinasi pemilik KTP non-Islam
Rating: Salah/Disinformasi

Baca juga: PP Muhammadiyah paparkan faktor terorisme sulit dihentikan

Baca juga: Muhammadiyah kerahkan 84 rumah sakit bantu vaksinasi

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2083430/hoaks-muhammadiyah-tidak-layani-vaksinasi-pemilik-ktp-non-islam

ligafox

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *