oleh

Hati-hati, Discord Mulai Jadi Incaran Para Hacker Jahat!

Slot SimakNews.com – Hati-hati, Discord Mulai Jadi Incaran Para Hacker Jahat!,

Perusahaan keamanan siber Sophos mengumumkan peringatan bahwa Discord kini semakin gencar diincar oleh para hacker.

IDGS, Kamis, 12 Agustus 2021 Dengan 140 juta pengguna aktif & lebih dari 300 juta pengguna terdaftar, tak heran apabila platform chatting yg populer di kalangan gamer itu jadi incaran para hacker jahat yg juga diketahui sebagai cracker.

Sophos mencatat jumlah malware yg terdeteksi di Discord dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir sudah meningkat 140 kali lipat dibandingkan periode yg sama pada tahun lalu. Dan beberapa permasalahan itu datang dari bagaimana file Discord tersimpan di Cloud.

“Begitu file diunggah ke Discord, mereka akan terus bertahan tanpa batas waktu kalau tidak dilaporkan atau dihapus,” bunyi laporan Sophos seperti diberitakan dari PC Gamer.

BacaJuga

Microsoft Akui Pihaknya Memberi Sertifikasi Bagi Driver Berisi Malware yg Menyasar Gamer

Sony Umumkan Kerja Sama PlayStation Dengan Discord Awal 2022

Microsoft Dikabarkan Ingin Akuisisi Discord

Dalam penelitiannya kepada berbagai tipe malware yg ditemukan di ruang penyimpanan cloud Discord, Sophos menemukan banyak peralatan cheating. beberapa bertujuan untuk mengeksploitasi protokol integrasi Discord untuk menciptakan lawan crash di dalam gim, & sejumlah malware lainnya berfungsi untuk membuka konten berbayar, key, serta bypass. Meski begitu, beberapa akbar hanyalah malware untuk mencuri credential.

Namun tipe malware yg paling berbahayan yg ditemukan adalah malware yg berfungsi untuk mencuri password, spyware, aplikasi palsu android untuk mencuri data-data finansial atau membajak transaksi digital. Ada juga yg mencuri informasi privat untuk dijual lewat remote access Trojans (RATs).

“Para pelaku di balik operasi ini mengpakai social engineering untuk menyebar malware pencuri credential, kemudian mengpakai credential yg mereka curi dari para korban untuk mengincar pengguna Discord lainnya,” bunyi pernyataan Sophos.

Ilustrasi hacker jahat. (Pixabay)

Singkatnya, meski Discord juga tentunya memiliki sistem proteksi dari serangan malware & serangan cracker, mereka tidak dapat mencegah terjadinya kesalahan dari unsur manusia, yakni para penggunanya.

Jadi bagi kalian para pengguna loyal Discord, kalau anda merasa ada file-file mencurigakan tersebar di kanal-kanal Discord yg anda ikuti, jangan sungkan untuk segera melaporkannya ke moderator untuk mencegah hal-hal yg tidak diharapkan.

(Stefanus/Online)

Sumber: PC Gamer

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *