oleh

Gus Jazil: Guru Diniyah Berperan Penting Dalam Pembangunan Bangsa – Nasional

Slot SimakNews.com – Gus Jazil: Guru Diniyah Berperan Penting Dalam Pembangunan Bangsa – Nasional,

Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid yg akrab disapa Gus Jazil saat menjadi narasumber pada Sosialisasi 4 Pilar bertajuk Memperkokoh Semangat Cinta Tanah Air bagi Ustaz Madrasah Diniyah Takmiliyah yg digelar MPR bekerjasama dengan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) di Surabaya, Minggu (5/9/2021). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, SURABAYA – Peran para guru diniyah atau agama dalam pembangunan bangsa dinilai sangat penting. Bahkan, lahirnya Indonesia juga dipelopori oleh orang-orang yg aktif di bidang diniyah, yakni kalangan santri & kiai.

“Sebelum ada Indonesia, diniyah itu sudah ada. Sebelum 1945 itu, para kiai sudah mengajar. Bahkan, Indonesia lahir pada 9 Ramadan. Indonesia itu lahir di bulan yg mulia, diproklamasikan saat orang-orang sedang berpuasa. Itu yg menjadi pembeda antara Indonesia dengan negara-negara lainnya,” ujar Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid saat menjadi narasumber pada Sosialisasi 4 Pilar bertajuk Memperkokoh Semangat Cinta Tanah Air bagi Ustadz Madrasah Diniyah Takmiliyah yg digelar MPR bekerjasama dengan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) di Surabaya, Minggu (5/9/2021).

Menurut Gus Jazil sapaan Jazilul Fawaid, kiprah lembaga diniyah di masa lalu tidak dapat dibantahkan. Semangat keagamaan menjadi penopang & pendorong kemerdekaan. Ironisnya, hari ini di era pembangunan, kadang sebagian kalangan mengatakan bahwa agama justru menjadi penghambat pembangunan.

Slot info lainnya:
  • Gus Jazil Minta Pak Anies & Bu Risma Perhatikan Korban Kebakaran di Kebon Kosong

”Itu menjadi soal, para guru agama dianggap penghambat pembangunan,” urainya.

Padahal, menurut Gus Jazil, para guru agama justru memiliki peran yg sangat penting terhadap pembangunan bangsa.

”Kalau tidak ada guru-guru agama di kampung-kampung, mungkin perampok akan tambah banyak. Namun, yg diharapkan itu materi, guru diharapkan mencetak orang-orang yg mampu bekerja. Padahal jika hanya urusan materialnya tapi tidak tersentuh pemahaman agama maka akan keropos. Agama dengan dunia itu tidak dapat dipisahkan,” katanya.

Slot info lainnya:
  • Gus Jazil: MPR Harus Sesuai Kehendak Rakyat Sikapi Amendemen UUD 1945

Gus Jazil mengatakan dengan anggotanya yg mencapai 27.000 se-Indonesia, organisasi seperti FKDT menjadi sebuah kekuatan dalam pembangunan bangsa. Hal yg perlu dilakukan adalah bagaimana organisasi-organisasi keagamaan dapat memperbaiki manajemennya sehingga perannya dapat lebih optimal & terlihat.

”Lembaga keagamaan harus memiliki manajemen yg kuat. Pertama untuk pemberdayaan organisasi di dalam dirinya sehingga lembaga keagamaan posisinya tidak di bawah terus, tapi dapat di atas karena memang semestinya di atas. Kakek saya bilang, profesi yg mulia itu adalah kiai,” ungkapnya.

TAGS   Gus Jazil Guru Diniyah Pembangunan Bangsa Profil Jazilul Fawaid MPR RI

BERITA TERKAIT
  • Heboh Penyambutan Bebasnya Saipul Jamil, Begini Komentar Gus Miftah
  • Gus Miftah Beri Peringatan Ini ke Saipul Jamil, Tegas
  • Tinjau Pertashop di Sidoarjo, Gus Menteri Bilang Begini
  • Gus Jazil Minta Pak Anies & Bu Risma Perhatikan Korban Kebakaran di Kebon Kosong
  • Gus Muhaimin: Jangan Ada Mahasiswa Drop Out Karena Alasan Biaya
  • Konsolidasi Demokrasi di Era Pandemi

SPONSORED CONTENT

loading…

.SC_TBlock_321180_td img[src*=img]{ border: 1px solid rgb(0, 0, 0); margin: 1px; width: 165px!important; min-width: 100px; height: 102px!important; position: static; object-fit: cover;} #cto_advert_logo { object-fit: fill!important; width:auto!important; height:auto!important;} #SC_TBlock_321180 >div >table a{ padding: 0; } #SC_TBlock_321180 > div > table > tbody > tr > td{ vertical-align: top; } #SC_TBlock_321180 > div > table > tbody > tr > td { padding: 0 !important; } #SC_TBlock_321180 a { font-family: Georgia, Times, Times New Roman, serif !important; } #SC_TBlock_321180 >div >table a{ padding: 0; } #SC_TBlock_321180 > div > table > tbody > tr > td{ vertical-align: top; }

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *