oleh

DPRD Sumbar: Program unggulan Gubernur harus sesuai keuangan daerah

Slot SimakNews.com – DPRD Sumbar: Program unggulan Gubernur harus sesuai keuangan daerah,

Dokumentasi-Pengambilan sumpah Gubernur & Wakil Gubernur Sumbar oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, di Jakarta. (Antara/HO-hms)

Padang, (ANTARA) – Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi meminta supaya pelaksanaan program unggulan Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar Mahyeldi – Audy Joinaldy harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah serta kewenangan yg dimiliki.

“Ada beberapa program unggulan yg akan membebani keuangan daerah sehingga dalam realisasinya harus sesuai kemampuan keuangan,” mengatakan Supardi di Padang, Kamis.

Politisi Gerindra itu mencontohkan salah satu program unggulan pasangan yg diusung PKS & PPP ini adalah menciptakan destinasi wisata unggulan di 19 kota & kabupaten.

“Masing-masing daerah memiliki destinasi wisata internasional, artinya ada 19 destinasi internasional yg ada di Sumbar,” mengatakan dia.

Baca juga: Kemendagri minta pemda tak ragu belanjakan APBD untuk tangani COVID-19

Selain itu ada program menciptakan 100 ribu pengusaha milenial dalam masa jabatan periode 2021-2025 ini. Selanjutnya pemberian beasiswa kepada 1.000 mahasiswa di kampus terkemuka serta mengalokasikan 10 persen anggaran APBD Sumbar untuk sektor pertanian.

“Ini perlu jadi perhatian & disesuaikan dengan kewenangan & kemampuan keuangan daerah,” mengatakan dia.

Ia mengingatkan Gubernur & Wakil Gubernur Sumbar cuma memiliki masa jabatan efektif selama tiga tahun & pelaksanaan program unggulan cuma dapat dimulai pada 2022.

“Tentu perlu strategi yg tepat supaya program unggulan dapat selesai dalam masa jabatan tersebut,” mengatakan dia.

Terutama dalam pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 harus sesuai dengan pokok pembangunan daerah yg ada di Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025.

“Serta harus diselaraskan dengan dokumen pembangunan lainnya seperti RIPDA Pariwisata Sumbar 2014-2025, RTRW Sumbar 2012-2032, RZWP3K & Rencana Pembangunan Industri Sumbar 2018-2038,” mengatakan dia.

Baca juga: BPKP-Pemprov NTB perkuat akuntabilitas keuangan & pembangunan daerah
Baca juga: Sri Mulyani perkuat kualitas hubungan keuangan pusat & daerah

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2189630/dprd-sumbar-program-unggulan-gubernur-harus-sesuai-keuangan-daerah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *