oleh

Diduga Kirimkan Jet Ambulans ke Israel, Warganet Pertanyakan Dukungan Turki untuk Palestina

Online -Turki sejauh ini terlihat sebagai salah satu negara yg paling keras menentang tindakan kekerasan yg dilakukan oleh Israel kepada Palestina.

Hal tersebut terlihat dari sikap Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan yg secara vokal memberikan dukungan kepada Palestina.

Namun, di belakang layar nampaknya hubungan kedua negara tersebut tampaknya masih dalam keadaan baik.

Diketahui, Turki kedapatan jet ambulans ke Tel Aviv pada Sabtu, 15 Mei 2021 yg diduga akan dipakai untuk merawat korban serangan roket.

Namun, pesawat jet tersebut tertahan saat akan mendarat di Tel Aviv dikarenakan otoritas Israel sedang menutup wilayah udara miliknya karena adanya serangan roket.

Hal tersebut sontak menciptakan warganet bertanya-tanya terkait ketulusan Turki dalam mendukung Palestina.

Hal tersebut diketahui sebuah unggahan akun media sosial Twitter bernama @Intel_Sky lewat sebuah aplikasi pelacak penerbangan.

“Turki mendukung Palestina ?? SEBUAH Jet Ambulans milik Turki tertahan di udara karena akan turun ke Tel-Aviv,” tulis akun tersebut, dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari unggahan akun Twitter @Intel_Sky, Minggu, 16 Mei 2021.

Setelah berputar-putar di atas laut Mediterania sambal menunggu izin untuk mendarat, diketahui pesawat jet tersebut kemudian berbalik arah untuk pulang kembali ke Turki dikarenakan tidak dapat mendarat ke Tel Aviv.

Unggahan akun tersebut kemudian mendapatkan berbagai komentar dari para warganet yg penasaran dengan kedatangan pesawat jet tersebut.

Salah satu warganet mengatakan bahwa pesawat tersebut bukanlah sebuah jet ambulans, akan tetapi pesawat komersil yg secara rutin menjalani penerbangan dari Turki ke Tel Aviv.

“Pesawat ini selama berbulan-bulan sudah jadi perhatian saya, Saya rasa pesawat itu tidak dipakai sebagai ambulans,” tulis akun @kame***.

“Catatan penerbangan mengungkapkan lusinan penerbangan langsung dari kota-kota Turki ke Tel Aviv,” sambungnya.

Sementara itu, warganet lain mengungkapkan bahwa Turki merupakan salah satu kawan komersial bagi Israel dalam bidang militer.

“Turki adalah kawan komersial & militer terbesar dengan Israel di Timur Tengah, dengan mengatakan lain kalkun memberi Israel makanan & peluru …,” tulis akun @Ahmed***.

Diketahui, Hubungan Israel & Turki terbentuk pada Maret 1949 ketika Turki jadi negara mayoritas Muslim perdana yg mengakui Israel sebagai negara berdaulat.

Sejak itu, baik Turki maupun Israel jadi pemasok utama senjata ke satu sama lain negara tersebut.

Hubungan kedua negara mulai memanas setelah aktivis Turki pro-Palestina dibunuh oleh punggawa komando Israel yg menaiki kapal milik Turki, Mavi Marmara pada 2010 lalu.

Turki & Israel kemudian memperbaiki hubungannya pada 2016, tetapi hubungan memburuk lagi pada 2018.

Sejak saat itu, hubungan diplomatic antara Turki & Israel belum dapat kembali lagi seperti semula.(pangandaran.pikiran-rakyat.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *