oleh

Demokrat: Masyarakat Indonesia memiliki kewajiban menjaga demokrasi

Slot SimakNews.com – Demokrat: Masyarakat Indonesia memiliki kewajiban menjaga demokrasi,

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra. (ANTARA/HO-DPP Partai Demokrat)

Kita semua, masyarakat Indonesia, memiliki kewajiban moral untuk terus mengingatkan pemerintah supaya menjaga demokrasi kitaJakarta (ANTARA) – Kepala Badan Komunikasi Strategis Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan bahwa masyarakat Indonesia memiliki kewajiban untuk menjaga demokrasi di Indonesia.

“Kita semua, masyarakat Indonesia, memiliki kewajiban moral untuk terus mengingatkan pemerintah supaya menjaga demokrasi kita,” mengatakan Herzaky dalam keterangan tertulis yg diterima oleh ANTARA di Jakarta, Minggu.

Pernyataan tersebut diutarakan oleh Herzaky dengan tujuan membangkitkan semangat masyarakat dalam meningkatkan praktik demokrasi di Indonesia. Ia berharap, Indonesia dapat mencapai kategori negara demokrasi yg lebih baik, yaitu jadi negara bebas atau free. Kini, berdasarkan catatan The Economist, Indonesia berada dalam kategori partly free atau setengah bebas.

Guna mencapai kategori negara bebas, para warga diharapkan supaya dapat lebih berani dalam berbicara & berekspresi di muka umum. Apalagi, ketika pendapat yg dihinggakan bertujuan untuk memberi masukan-masukan atau solusi kepada pemerintah dalam mengatur negara.

Selain itu, Herzaky juga berharap, supaya dalam sisa waktu pemerintahannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta jajaran pemerintah dapat menunjukkan komitmen & keseriusan dalam mengoreksi & meningkatkan praktik demokrasi di Indonesia.

“(Agar dapat, red) membaik & memiliki nama baik di dunia internasional,” tutur Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat ini.

Merebaknya intimidasi & serangan buzzer yg terorganisir dianggap jadi penyebab akan rendahnya keberanian masyarakat untuk berekspresi & berbicara di muka umum.

Padahal, esensi dari negara yg demokratis berada pada aktifnya peran rakyat dalam memberi kritik juga masukan yg berkaitan dengan jalannya pemerintahan.

Oleh karena itu, bersama-sama dengan pemerintah, masyarakat Indonesia harus terus menjaga esensi demokrasi & lebih berani dalam menyampaikan pendapat guna meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Herzaky meyakini, demokrasi di Indonesia dapat jadi lebih baik bila seluruh elemen negara, baik pemerintah & masyarakat, menunjukkan komitmen & keseriusan dalam memperjuangkan nilai-nilai demokrasi.

Baca juga: AHY hinggakan 17 Agustus momen pengingat terus rawat demokrasi
Baca juga: Suharso Monoarfa: Jadikan demokrasi instrumen untuk saling dukung

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2343286/demokrat-masyarakat-indonesia-memiliki-kewajiban-menjaga-demokrasi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *