oleh

BIPB: Pancasila harus masuk dalam proses pengajaran

Tangkapan layar Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rikard Bangun. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Jakarta (ANTARA) – Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rikard Bangun mengatakan pancasila harus dimasukkan ke dalam proses pengajaran kepada anak didik.

“Hal itu dapat melalui kurikulum dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi,” mengatakan dia pada dialog kebangsaan pancasila dalam kurikulum secara virtual di Jakarta, Senin.

Selama berabad-abad pendidikan dianggap sebagai salah satu cara terbaik atau sistem yg paling tepat dalam mendorong proses pengenalan & internalisasi nilai.

Baca juga: Kaderisasi Pancasila Tangkal Radikalisme di Kampus

Oleh sebab itu, melalui ranah pendidikan maka nilai-nilai yg terkandung dalam pancasila dapat disosialisasikan kepada masyarakat khususnya anak didik.

“Jadi pendidikan sangat penting & strategis,” ujar Rikard.

Ia menjelaskan dalam aspek kognitif yg harap dicapai masuknya pancasila ke sektor pendidikan ialah pemahaman nilai-nilai pancasila secara rasional & kritis.

Sebab, pancasila bukanlah sesuatu yg mati & perlu dibahas secara kritis sesuai keadaan & perkembangan zaman.

Baca juga: Kepala BPIP: Generasi muda diharapkan isi kemerdekaan demi NKRI maju

Pada aspek afektif, pancasila diharapkan masuk ke dalam ruang-ruang pencerahan masyarakat baik secara pribadi maupun kolektif. Setelah mempelajari & memahami pancasila maka tujuan lainnya ialah implementasi dalam kehidupan berbangsa & bernegara.

Tidak cuma sekadar kognitif, afektif & psikomotorik, pengamalan nilai-nilai pancasila sejatinya juga mengarah pada pembentukan & tabiat bangsa.

Melalui nilai-nilai pancasila masyarakat akan menemukan pijakan & bukti diri pribadi, keluarga hingga bangsa Indonesia yg khas.

“Selain itu, pentingnya pancasila masuk ke ranah pendidikan merupakan upaya kita dalam menjaga ke-Indonesiaan & kemanusiaan,” katanya.

Baca juga: Permabudhi: Pancasila Harta Paling Berharga Milik Indonesia

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2136402/bipb-pancasila-harus-masuk-dalam-proses-pengajaran

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *