oleh

‘Ayah Saya Meninggal Usai Percaya Hoax dr Lois’

Slot SimakNews.com

‘Ayah Saya Meninggal Usai Percaya Hoax dr Lois’

,

Online – Hoax soal bahaya interaksi obat yg disebarkan oleh dr Lois Owien ‘memakan korban’. Seorang warga Depok bernama Helmi Indra menceritakan kisah ayahnya yg meninggal setelah termakan hoax terkait Corona dari dr Lois.

Helmi awalnya menceritakan ayahnya termasuk orang yg termasuk percaya pada beberapa hoax terkait Corona. Salah satunya terkait hoax vaksin Corona haram.

“Ayah saya termakan hoax vaksin itu haram. Padahal waktu itu saya sudah share berita soal MUI yg menyatakan vaksin itu halal. Waktu itu vaksinnya Sinovac. Padahal Bapak juga punya penyakit komorbid,” mengatakan Helmi saat dihubungi, Sabtu (17/7/2021).

Ayahnya yg tinggal di Tegal itu pun menolak divaksinasi. Hingga akhirnya, pada 6 Juli, sang ayah terinfeksi Corona & bergejala.

“Gejala perdana itu tanggal 6 Juli, padahal dua hari sebelumnya adik saya yg di Tegal juga, terpapar juga. Kemudian pusing-lemah,” ungkapnya.

Helmi juga mengatakan ayahnya saat itu juga tidak mau mengkonsumsi obat. Sebab, ayahnya saat itu ikut terpengaruh oleh paparan dr Lois Owien, yg mengatakan interaksi obatlah yg justru menciptakan orang meninggal dunia.

“Sayangnya, minggu-minggu itu lagi ramainya podcast-nya dokter Lois soal interaksi obat itu yg bikin banyak kematian yg ada tentang COVID-19. Nah, ayah saya percaya itu. Nggak mau minum obat banyak-banyak. Maunya obat pereda nyeri saja, takut napas hilang. Saya sempat berdebat waktu nyuruh minum obat ke Ayah,” ujarnya.

Tak lama setelah itu, sang ayah pun meninggal pada usia 60 tahun. Barangkali hoax seputar Corona bagi beberapa orang adalah lelucon. Namun, bagi Helmi, yg sudah kehilangan ayahnya, hoax seputar Corona dampaknya begitu luar biasa. Dia bahkan masih aktif berbantahan dengan sejumlah penyebar hoax di WAG.

“Dampaknya luar biasa ini hoax. Bahkan saya masih berdebat dengan orang-orang yg di WA group itu. Bahkan dia nggak sadar bahwa yg di-share itu berbahaya,” tuturnya.

Kontroversi dr Lois

Diketahui pernyataan kontroversi dr Lois Owien ‘tidak percaya COVID’ di media sosial menciptakan heboh publik. Selain itu, dalam talk show yg dibawakan oleh pengacara kondang Hotman Paris, dia secara terang-terangan menyatakan tidak mempercayai adanya virus Corona.

Dalam acara Hotman Paris Show yg disiarkan pada 8 Juli 2021, dokter Lois diundang sebagai bintang tamu. Hotman Paris dalam acara itu kemudian mempertanyakan alasan dr Lois tidak percaya Corona. Selama acara tersebut, beberapa kali Hotman mendebat & memotong pembicaraan dari Lois.

“Kalau tidak percaya, itu banyak (meninggal) sudah 50 ribu kenapa gitu? Yang sudah dikubur. Ibu sebagai dokter, itu kenapa?” tanya Hotman kepada Lois.

Lois berargumen kasus meninggalnya pasien ada di rumah sakit. Menurutnya, pasien yg meninggal bukan murni karena virus Corona, melainkan karena interaksi antarobat yg diterima si pasien.

“Interaksi antarobat. Interaksi antarobat. Jadi gini, makanya, kenapa katanya virus ini kalau menginfeksi pada orang komorbid akan parah…,” mengatakan Lois.

“Pak, kalau misal buka data di rumah sakit, itu pemberian obat itu lebih dari enam macam,” begitu salah satu pernyataan dr Lois dalam talk show tersebut.

Polisi mengambil tindakan setelah dr Lois menciptakan pernyataan kontroversial tersebut. Dokter Lois ditangkap pada Minggu (11/7) di sebuah apartemen di Jakarta Selatan. Namun, akhirnya dr Lois tak jadi ditahan setelah berjanji tak mengulangi perbuatannya lagi.(detiknews.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *